Pemerintah Buka Peluang Kehadiran Penonton Pada Seri 3 Liga 1

Muhammad Robbani - Sepakbola
Senin, 25 Okt 2021 15:00 WIB
Persebaya mengaku kecewa dengan keputusan wasit saat laga lanjutan Liga 1 menghadapi Persela Lamongan di Stadion Maguwoharjo Sleman, Yogyakarta, Kamis (21/10/2021) malam.
Pemerintah Buka Peluang Kehadiran Penonton Pada Seri 3 Liga 1 (Foto: PIUS ERLANGGA/detikSport)
Jakarta -

Pemerintah mengunjungi beberapa laga Seri 2 Liga 1 2021 di Jawa Tengah dan DIY Yogyakarta. Tujuannya, melihat potensi kehadiran penonton lagi ke stadion.

Wakil Deputi Bidang Ekonomi dan Investasi Penanganan COVID-19 Jawa-Bali, Lalu Rizky, memberikan apresiasi atas komitmen PSSI dan PT LIB dalam menjaga pencegahan penularan virus COVID-19 selama kompetisi digelar di masa pandemi.

Lalu Rizky mengatakan akan mengkaji penerapan protokol kesehatan selama seri 2 berlangsung. Karena ini akan menjadi bahan pertimbangan bagi pemerintah untuk mengeluarkan rekomendasi perihal kehadiran penonton secara langsung ke stadion pada lanjutan seri 3 dan 4 mendatang.

Sebelumnya, pemerintah melalui Koordinator PPKM Jawa-Bali Luhut Binsar Panjaitan sudah memberikan lampu hijau. Dia menyebut bahwa sepakbola sudah bisa dihadiri penonton dengan jumlah 30 persen dari kapasitas stadion untuk Liga 1 dan 25 persen dari kapasitas stadion untuk Liga 2.

"Terima kasih banyak kepada LIB dan PSSI sudah menyelenggarakan Liga 1 secara komprehensif dengan ketat prokes. Pandemi ini kan tidak main-main. Banyak sektor yang ditutup, dengan dibuka Liga 1 harapannya jadi uji coba olahraga lainnya," kata Rizky dalam rilis PT LIB.

"Saat ini sedang kajian dan uji komprehensif menghadirkan penonton di setiap laga. Saat ini dikaji lebih lanjut lagi dengan Kemenkes. Sementara dari kami penerapan prokes patut diapresiasi," ujarnya.

Dinilai Lalu Rizky, ia merasa puas dengan penyelenggaraan kompetisi sepakbola Indonesia di tengah pandemi. Ia memberikan apresiasi kepada PSSI dan PT LIB yang memberi suguhan hiburan bagi masyarakat sejak masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

"Cukup apresiasi, cukup puas. Dari awal kita cari cara, kita pilih-pilih kemudian Liga 1 digelar dengan berjalan sampai sekarang cukup puas," ucap Lalu Rizky.

(aff/krs)