Timnas U-23 Vs Australia: Garuda Muda Minder Hadapi Lawan Tinggi Besar

Putra Rusdi K - Sepakbola
Rabu, 27 Okt 2021 06:00 WIB
Timnas Indonesia U-23 menghadapi Australia U-23 dalam Kualifikasi Piala Asia 2022 di Dushanbe, Tajikistan, 26 Oktober 2021.
Shin Tae-yong: Indonesia sering minder lawan fisiknya lebih baik (Foto: dok.PSSI)
Dushanbe -

Shin Tae-yong menyoroti mental bertanding timnas Indonesia. Garuda Muda menurutnya kerap minder lawan musuh yang punya fisiknya lebih baik.

Timnas Indonesia U-23 takluk 2-3 atas atas Australia U-23 dalam laga Kualifikasi Piala Asia U-23 2022, Selasa (26/10/2021). Setelah tanpa gol di babak pertama, Australia membuka keunggulan lewat Marc Tokich pada menit ke-54.

Patrick Wood menggandakan keunggulan Australia di menit ke-60. Indonesia bisa menipiskan ketinggalan menjadi 1-2 dari Witan Sulaeman pada menit ke-69.

Namun, Australia kembali menjauh berkat gol Jacob Italiano pada menit ke-79. Indonesia hanya bisa mencetak satu gol di sisa laga lewat Taufik Hidayat di menit ke-85.

Pelatih timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong, usai laga menyoroti mental bertanding anak asuhannya. Menurutnya, Garuda Muda masih sering takut saat menghadapi lawan secara fisik lebih baik dari mereka. Pada pertandingan ini, Indonesia memang harus berduel dengan para pemain Australia yang sebagian besar punya postur lebih tinggi dari Asnawi Mangkualam dkk.

Shin Tae-yong menilai sikap tersebut membuat pasukannya sulit mengeluarkan kemampuan terbaiknya. Ia berharap pada laga kedua nanti melawan Australia, Indonesia bisa lebih percaya diri.

Indonesia bakal kembali melawan Australia di Stadion yang sama pada Jumat (29/10/2021). Asnawi Mangkualam dkk butuh menang dengan selisih paling tidak dua gol untuk memastikan melaju ke putaran final Piala Asia U-23 2022.

Jika Indonesia hanya menang 1-0, laga bakal berlanjut ke adu penalti. Hal ini karena Kualifikasi Piala Asia U-23 menggunakan sistem grup, meski Indonesia hanya berhadapan dengan Australia usai China dan Brunei Darussalam mundur dari Grup G.

"Kalau lawan tim yang lebih baik secara fisik dan kuat, para pemain takut duluan. Padahal para pemain sudah punya kemampuan yang baik," ujar Shin Tae-yong dalam konferensi pers usai laga.

"Namun, karena takut duluan sebelum bertanding, jadi tidak bisa menunjukkan performa yang baik. Untuk pertandingan berikutnya harus percaya diri pasti hasilnya akan lebih baik."

Shin Tae-yong menegaskan Indonesia punya modal apik untuk tampil lebih percaya diri pada laga kedua nanti untuk memburu kemenangan. Modal berharga tersebut adalah dua gol mereka ke gawang Socceroos di pertandingan tadi.

"Jadi secara mental sebenarnya para pemain sudah membaik, karena walaupun kebobolan tapi masih bisa mengejar sampai akhir. Sekarang lebih percaya diri karena bisa mencetak dua gol.

Pertandingan berikutnya kami harus menjadi satu tim juga harus percaya pada diri sendiri dan tim. Ini agar bisa mendapatkan kemenangan di laga kedua.



Simak Video "China-India Memanas, Shin Tae-yong Terancam Dipecat"
[Gambas:Video 20detik]
(pur/raw)