Asa Taufik Hidayat Bawa Timnas Lolos ke Piala Asia U-23

Muhammad Robbani - Sepakbola
Rabu, 27 Okt 2021 20:25 WIB
Timnas U-23
Asa Taufik Hidayat Bawa Timnas Lolos ke Piala Asia U-23 (Foto: dok PSSI)
Jakarta -

Striker Timnas Indonesia U-23 Taufik Hidayat masih menyimpan harapan meloloskan timnya ke Piala Asia U-23. Ia mau balik mengalahkan Australia lebih dari 2 gol.

Taufik Hidayat mencetak satu dari dua gol Timnas U-23. Satu gol lainnya dicetak oleh Witan Sulaeman dalam pertandingan di Stadion Republican Central Dushanbe, Tajikistan, Selasa (26/10/2021).

Timnas U-23 masih punya peluang lolos karena masih akan melawan Australia lagi di venue yang sama pada, Jumat (29/10). Garuda Muda setidaknya butuh menang minimal 1-0 untuk menyamai jumlah poin Australia.

"Hasil (kalah 2-3) menurut kami tentu kecewa karena kalah. Apalagi tadi kami juga mendapatkan sejumlah momen dan peluang untuk mencetak gol," kata Taufik Hidayat.

"Pada pertandingan leg kedua nanti kami harus lebih kerja keras lagi agar mendapatkan kemenangan dan lolos ke Piala Asia U-23 2022," ujarnya menambahkan.

Dalam regulasi, tak ada hitungan gol tandang pada Piala Asia U-23. Jika kedua tim mengoleksi poin, selisih gol, dan agresivitas gol yang sama, maka laga leg kedua akan dilanjutkan ke babak adu penalti.

Tim asuhan Shin Tae-yong perlu menang 1-0, 2-1, dan seterusnya untuk menyamai torehan Australia. Kalau mau aman, Timnas U-23 perlu menang dengan keunggulan 2 gol untuk lolos tanpa menunggu adu penalti.

"Kami akan perbaiki komunikasi, transisi permainan dan kepercayaan diri. Saat ini kami sudah mengerti bagaimana permainan Australia," tutur Taufik Hidayat.

"Peluang lolos masih ada, kami akan lebih kerja keras lagi di leg kedua. Selain itu, meminta doa dari masyarakat Indonesia agar kami meraih kemenangan setidaknya dengan selisih dua gol," ucap striker Persija Jakarta itu.

(aff/cas)