Hasil BRI Liga 1: Kalahkan Persipura, Persib Terus Sempurna

Muhammad Robbani - Sepakbola
Sabtu, 30 Okt 2021 20:19 WIB
Logo Liga 1, Logo Bri Liga 1, BRI Liga 1
Hasil BRI Liga 1: Kalahkan Persipura, Persib Terus Sempurna (dok Istimewa)
Jakarta -

Persib Bandung sukses melanjutkan tren positif. Persipura Jayapura dikalahkan dengan skor 3-0 pada pekan ke-10 BRI Liga 1 2021, Sabtu (30/10/2021).

Bermain di Stadion Manahan, Solo, Persib tampil dominan atas Persipura. Mereka menguasai bola sebesar 60 persen berbanding 40 persen untuk Persipura sebagaimana catatan Lapangbola.

Maung Bandung tampil menggebrak sejak awal laga. Febri Hariyadi langsung mengancam gawang Persipura lewat tendangan percobaan yang masih melenceng.

Persipura sempat meresponsnya dengan membalas ancaman Persib lewat peluang yang didapat Muhammad Tahir. Hanya saja tendangan bernomor punggung 32 itu juga melenceng.

Selepasnya pertandingan dikuasai Persib yang berkali-kali menekan gawang Persipura. Wander Luiz, Zalnando, Ezra Walian, hingga Victor Igbonefo, memaksa barisan pertahanan Persipura bekerja keras.

Gol pembuka pun menjadi milik Persib lewat tendangan Wander Luiz yang membawa timnya unggul 1-0 pada menit ke-14. Penyerang asal Brasil itu sukses memanfaatkan umpan dari Esteban Vizcarra.

Tim asuhan Robert Rene Alberts menambah keunggulan menjadi 2-0 lewat brace Wander Luiz pada menit ke-35. Gol keempatnya di BRI Liga 1 dicetak setelah proses build-up apik yang digalang pemain-pemain Persib dari wilayahnya sendiri.

Persipura yang tak mau kalah, mencoba mengubah keadaan dengan melakukan dua pergantian sekaligus pada awal babak kedua. Yevhen Bokhashvili dan Hedipo Gustavo dimainkan untuk menggantikan Juscak Joshua Marthen Isir dan Nelson Alom pada awal babak kedua.

Tapi situasi belum banyak berubah meski Persib bermain dengan tempo yang lebih lambat dalam kondisi yang sudah unggul 2-0. Peluang-peluang berbahaya tetap terus dilancarkan Persib ke gawang yang dijaga Fitrul Dwi Mustapa.

Mohammad Rashid, Ezra, Wander Luiz, hingga Frets Butuan sempat mendapat peluang emas untuk menambah keunggulan timnya. Hanya saja upaya mereka gagal menemui sasaran.

Persib akhirnya menambah keunggulan menjadi 3-0 lewat Geoffrey Castillion pada menit ke-89. Penyerang asal Belanda itu sukses memanfaatkan assist dari Henhen Herdiana.

Hasil ini membuat Persib meraih empat kemenangan beruntun dan mengoleksi 22 poin sekaligus menyamai Bhayangkara FC. Sebaliknya, Mutiara Hitam menelan kekalahan keempat secara beruntun dan tertahan di peringkat ke-17 dengan torehan 5 poin.

Susunan pemain

Persib Bandung: 1-M Natshir; 12-Henhen Herdiana, 32-Victor Igbonefo, 2-Nick Kuipers, 27-Zalnando; 13-Febri Hariyadi, 11-Dedi Kusnandar, 74-Mohammad Rashid (Abdul Azis 75'), 10-Esteban Vizcarra (Frets Butuan 75'); 30-Ezra Walian (Geoffrey Castillion 86'), 9-Wander Luiz.

Persipura Jayapura: 1-Fitrul; 32-M Tahir, 3-Doni Monim, 30-Henrique Motta (Brian Fatari 60;), 26-Wulf K; 12-Nelson Alom (Hedipo Gustavo 46'), 34-Takuya Matsunaga (Patrick Womsiwor 83'), 13-Ian Kabes; 25-Juscak Isir (Yevhen Bokhashvili 46'), 17-Feri Pahabol, 46-Rivaldo Todd Ferre (Elisa Basna 75').

(aff/nds)