Bikin KTP, Elkan Baggott Resmi Menjadi WNI

Muhammad Robbani - Sepakbola
Rabu, 10 Nov 2021 15:00 WIB
Elkan Baggott
Elkan Baggott membuat KTP di Jakarta. (Foto: Dok.PSSI)
Jakarta -

Elkan Baggott sudah resmi memilih menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Pemain yang juga berdarah Inggris itu kini sudah punya Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Bek Ipswich Town tersebut membuat KTP di kantor Ditjen Dukcapil Kemendagri, ditemani Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri, Selasa (9/11/2021). Sebagai orang keturunan Indonesia dan Inggris, Elkan berhak memilih kewarganegaraan dua negara itu ketika beranjak dewasa.

Pada akhirnya ia memilih menjadi WNI dengan membuat KTP. Dengan begitu, ia membuang kesempatan untuk menjadi warga Inggris lantaran Indonesia menganut kewarganegaraan tunggal.

"Alhamdulillah Elkan Baggott sudah mendapatkan KTP Warga Negara Indonesia. PSSI mengapresiasi dan berterima kasih kepada seluruh pihak yang membantu Elkan mendapatkan KTP," kata Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan.

"Kami berharap dengan Elkan punya KTP dapat membantu proses administrasinya untuk pertandingan internasional (Timnas) Indonesia. Saat ini pelatih Shin Tae-yong membutuhkan kehadirannya sebagai tembok kokoh pertahanan skuad Garuda," ujarnya menambahkan.

Karena menjadi WNI, Elkan pun akan menjadi pemain non-Eropa di kompetisi Inggris. Meski begitu, ia tetap bisa melanjutkan kariernya bersama Ipswich Town karena berstatus sebagai homegrown player.

Adapun homegrown player adalah istilah yang disematkan kepada pemain yang dibina klub Inggris selama tiga tahun sebelum berusia 21 tahun. Sementara Elkan kini baru berusia 19 tahun dan sudah bergabung akademi Ipswich Town sejak 2019.

Sementara itu Elkan rencananya baru akan bergabung dalam latihan Timnas Indonesia, Rabu (10/11), sore, WIB. Ia absen pada dua hari latihan pertama di Jakarta karena sedang menjalani karantina.



Simak Video "Laga Timnas U-19 Jadi Berkah Bagi Penjual Jersey di Stadion Patriot"
[Gambas:Video 20detik]
(cas/aff)