Timnas U-18 Akan Uji Coba Lawan Klub Eropa di Turki

Muhammad Robbani - Sepakbola
Senin, 15 Nov 2021 22:50 WIB
Timnas Indonesia U-18
Timnas Indonesia U-18 akan menjalani tiga laga uji coba di Turki (Foto: detikSport/Muhammad Robbani)
Jakarta -

Timnas Indonesia U-18 proyeksi Piala Dunia U-20 2023 bakal menjalani setidaknya 3 laga uji coba di Turki. Lawan tim Eropa digelar demi mencari pengalaman.

Garuda Muda baru saja dilepas PSSI untuk berangkat ke Turki, Senin (15/11/2021). Mereka menyusul Timnas Indonesia senior yang sudah lebih dulu berangkat ke Turki pada 11 November.

Sebanyak 36 pemain dibawa untuk mengikuti Pemusatan Latihan (TC). Ronaldo Kwateh Cs diharapkan bisa mendapatkan pengalaman bertanding sebagai bekal untuk Piala Dunia U-20.

Di Turki, Timnas U-18 ditangani oleh Bima Sakti. Pelatih Timnas Indonesia U-16 itu ditugaskan sementara karena Shin Tae-yong fokus bersama Timnas Indonesia senior.

"Tanggal 21 November kami melawan Antalyaspor U-18, kemudian 24 November menghadapi Alanyaspor U-18. Dan tanggal 27 November ini masih akan dikonfirmasi lagi siapa lawannya dan kemungkinan akan lawan tim dari negara lain," kata Bima Sakti kepada wartawan.

"Kami mau pemain mendapat jam terbang, karena ini penting. Apalagi yang dilawan adalah pemain-pemain Eropa yang notabene akan jadi lawan kami nanti di Piala Dunia U-20," ujarnya menambahkan.

Di Turki, Timnas U-18 berkekuatan 36 pemain. Mereka dipilih dari total 108 pemain yang sempat menjalani seleksi dalam empat gelombang sejak pertengahan tahun ini.

PSSI terpaksa membentuk tim lagi setelah Piala Dunia U-20 digeser ke 2023. Mayoritas pemain yang sudah disiapkan sebelumnya sudah tak bisa tampil pada edisi 2023.

Melawan klub Eropa pun dipilih sebagai rangkaikan awal Timnas U-18. Bima Sakti berharap para pemain yang terpilih ke Turki bisa memanfaatkan kesempatan dengan baik.

"Saya pikir bagus ada tiga kali uji coba dan kita berharap ke depan sampai pagelaran Piala Dunia U-20 mereka mendapatkan lawan-lawan yang benar-benar levelnya di atas kita," tutur Bima Sakti.

"Kami sebelumnya sudah melakukan beberapa latihan. Kuncinya adalah disiplin buat pemain semuanya. Saya pikir ini bagus buat pengembangan performa pemain ke depannya," ucapnya.

(nds/nds)