Menang atas Myanmar, Shin Tae-yong Tetap Evaluasi Timnya

Mercy Raya - Sepakbola
Jumat, 26 Nov 2021 15:40 WIB
Timnas U-23, Shin Tae-yong
Timnas Indonesia menang besar atas Myanmar, Shin Tae-yong tetap lakukan evaluasi. (Foto: dok PSSI)
Jakarta -

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong senang skuadnya sukses atasi Myanmar. Kendati begitu, pelatih Korea Selatan itu tetap akan melakukan evaluasi.

Skuad Garuda menang 4-1 atas Myanmar pada pertandingan uji coba yang berlangsung di Emirhan Sports Complex, Antalya, Turki, Kamis (25/11/2021). Gol-gol itu tercatat atas nama Ricky Kambuaya (menit ke-5), Irfan Jaya (12), Witan Sulaeman (33), dan Ezra Walian (55). Sedangkan gol tunggal yang dicetak Myanmar dibukukan Hlaing Bo Bo pada menit ke-73.

Shin mengapresiasi kerja keras timnya setelah meraih kemenangan, namun ia juga mencatat sejumlah hal yang wajib dibenahi.

Pelatih asal Korea Selatan ini menyoroti beberapa kesalahan yang dilakukan pemain di babak kedua. Apalagi jelang pertandingan berakhir pemain capek dan sedikit kurang fokus.

"Terima kasih kepada pemain atas kemenangan ini, namun tetap ada evaluasi. Kemenangan telak atas Myanmar jelas membuat kepercayaan diri pemain semakin oke jelang mengikuti Piala AFF 2020 nanti," kata Shin Tae-yong dalam laman PSSI.

"Pemain akan terus saya ingatkan untuk tidak boleh membuat kesalahan-kesalahan elementer. Hari ini kami juga memasukkan Cahya Supriadi sebagai kiper cadangan karena Syahrul Fadil dalam kondisi tidak oke," imbuh pelatih berusia 52 tahun tersebut.

Hal serupa diungkapkan Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan. Ia meminta agar Timnas Indonesia tidak lekas puas dan jemawa meski berhasil melawan Myanmar. Bagaimana pun, pertandingan sebenarnya akan dilakukan pada Piala AFF 2020. Garuda akan menghadapi Malaysia dan Vietnam.

"Alhamdulillah luar biasa permainan yang apik ditampilkan timnas Indonesia pada laga ini dan sukses menang telak. Ini menjadi modal berharga jelang menghadapi Piala AFF 2020 mendatang," kata Iriawan.

"Saya minta pemain untuk terus fokus, kerja keras, disiplin dan ikuti intruksi pelatih. PSSI tentu mendukung penuh program dari pelatih Shin Tae-yong demi prestasi timnas Indonesia," ujar Iriawan.

Pada uji coba selanjutnya, Indonesia akan melawan Antalyaspor pada 28 November mendatang. Setelah itu skuad Garuda akan terbang ke Singapura pada 1 Desember 2021 untuk mengikuti Piala AFF 2020.

(mcy/cas)