Hasil Piala AFF 2020: Thailand dan Singapura Menang

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Minggu, 05 Des 2021 22:35 WIB
Logo Piala AFF 2020
Singapura dan Thailand sama-sama menang di laga perdana Grup A Piala AFF (dok.Instagram)
Singapura -

Piala AFF 2020 akhirnya dibuka juga. Thailand dan Singapura sama-sama memenangi pertandingan perdananya di Grup A.

Pada pertandingan yang dihelat di Singapore National stadium, Minggu (5/12/2021) sore WIB, Thailand lebih dulu menghadapi Timor Leste. Thailand yang mengandalkan Teerasil Dangda di depan bermain dominan dengan 76 persen ball possesion.

Tak cuma itu, Thailand juga membuat 24 attempts, 10 di antaranya mengarah ke gawang. Sementara itu, Timor Leste cuma diberikan tiga kali attempts dengan dua on goal. Meski dominan, Thailand sulit membongkar pertahanan Timor Leste.

Teerasil dibuat frustrasi dengan penampilan mantap Junildo Pereira di bawah mistar Timor Leste. Skuat asuhan Alexandre Polking itu akhirnya baru bisa bikin gol pada menit ke-51 ketika pemain pengganti Pathompiol Charoenrattanapirom mencatatkan namanya di papan skor.

Pathompiol menerima umpan silang dari sisi kanan dan berada bebas di sisi kiri kotak penalti. Mengecoh satu bek lawan, Pathompiol melepaskan tembakan ke tiang jauh tanpa bisa dihalau Pereira.

Thailand menggandakan keunggulan pada menit ke-80 ketika crossing Narubadin Weerawatnodom menemui Supachok Sarachat di tiang dekat dan sukses disepak ke jala Timor Leste.

Thailand menang 2-0 sekaligus berada di posisi kedua klasemen Grup A pada laga perdananya, karena kalah selisih gol dari Singapura yang juga meraih kemenangan atas Myanmar dengan skor 3-0 di venue yang sama.

Singapura dan Myanmar sama-sama tampil agresif dengan membuat 17 serta 14 attempts. Safuwan Baharudin membuka keunggulan Singapura pada menit ke-35. Tandukan Baharudin meneruskan korner rekannya tak kuasa dihalau kiper Myanmar.

Singapura menggandakan skor dua menit setelahnya. Ikhsan Fandi menuntaskan serangan balik Singapura lewat aksi cantik, melewati adangan satu pemain Myanmar dan menembak kencang ke tiang jauh.

Pada masa injury time babak pertama, Singapura menambah gol ketiganya. Ikhsan Fandi lagi-lagi mencatatkan namanya di papan skor usai menyundul bola sepakan bebas rekannya.

Tak ada gol lagi tercipta di babak kedua sehingga Singapura tetap menang 3-0. Besok akan dihelat laga Grup B, Kamboja vs Malaysia dan Laos vs Vietnam.

(mrp/pur)