ADVERTISEMENT

Piala AFF: Indonesia Tak Ada Striker Tajam, Gelandang Harus Bikin Gol

Muhammad Robbani - Sepakbola
Rabu, 08 Des 2021 20:20 WIB
Pemain Timnas Indonesia berlatih di Lapangan B, Senayan, Jakarta, Selasa (9/11/2021). Timnas Indonesia akan melaksanakan pemusatan latihan di Turki sebagai persiapan menghadapi piala AFF 2020 pada 5 Desember 2021 - 1 Januari 2022. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/hp.
Timnas Indonesia tanpa striker tajam di PIala AFF 2020 (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)
Singapura -

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong sadar timnya tidak punya striker haus gol. Oleh karenanya tugas membobol gawang lawan juga dibebankan ke gelandang.

Shin diberondong kritikan karena tak memanggil Ilija Spasojevic ke Piala AFF 2020. Padahal striker Bali United itu sedang tajam di BRI Liga 1 2021 dengan 12 gol.

Tapi Shin Tae-yong malah memanggil penyerang-penyerang yang masih mandul di Liga 1. Mereka adalah Dedik Setiawan, Kushedya Yudo, Ezra Walian, dan Hanis Saghara.

Dedik, Ezra, dan Hanis baru menyumbang satu gol, sementara Kushedya dua gol. Kombinasi gol keempat pemain itu tak mencapai setengah dari torehan Spasojevic.

Meski begitu, Shin punya filosofinya sendiri sehingga Spasojevic dianggap tak cocok. Ia pun menegaskan bahwa mencetak gol bukan cuma tugas seorang striker.

"Memang masalah ini tiap tim berbeda-beda. Tetapi untuk saya, striker maupun gelandang harus bisa sama-sama mencetak gol," kata Shin Tae-yong saat memberikan keterangan pers, Rabu (8/12/2021).

Pelatih asal Korea Selatan itu cukup percaya diri dengan timnya. Meski tak punya striker handal, ia sudah menyiapkan cara agar pemain-pemainnya punya peluang yang sama untuk merobek jala lawan.

"Jadi harus sama sama mencetak gol banyak. Kalau mereka ikuti arahan saya, pasti mereka ada di posisi mana pun bisa cetak gol," sambung Shin.

Indonesia akan menghadapi Kamboja pada laga perdana Piala AFF Grup B di Stadion Bishan, Singapura, Kamis (9/12).

(mrp/yna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT