Dukung Kehadiran Penonton Liga 2, Kemenkes Bantu Tes Antigen

Muhammad Robbani - Sepakbola
Kamis, 09 Des 2021 00:00 WIB
Liga 2
Liga 2 mendapat dukungan Kemenkes menjelang boleh ditonton langsung ke stadion. (Foto: detikcom/Muhammad Robbani)
Jakarta -

Kemenkes bakal menyediakan tes antigen sebagai bentuk dukungan niatan PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) yang mau menggelar uji coba penonton di Liga 2 2021.

Uji coba penonton dipastikan bakal terselenggara di Babak 8 Besar Liga 2 mulai 15 Desember mendatang. Hal itu disepakati dalam Rapat Koordinasi (Rakor) PSSI, PT LIB, Kemenpora, Kemenkes, dan Polri, Rabu (8/12/2021).

Pihak Kemenkes dilibatkan untuk membantu kesuksesan uji penonton ini. Sebelumnya baru pihak Kemenpora, PSSI, dan PT LIB saja yang menggelar rapat terkait menghadirkan penonton di Liga 2.

"Ketentuannya harus diikuti, vaksin, dan juga ada antigen. Bagi suporter, sekarang antigen akan dibantu Kemenkes," kata Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan saat memberikan keterangan pers.

Uji coba penonton akan diselenggarakan di semua laga Babak 8 Besar Liga 2 sejumlah 12 pertandingan. Karena masih uji coba, masing-masing klub cuma kebagian jatah 100 tiket buat suporternya masing-masing.

Itu berarti di stadion nantinya cuma akan ada maksimal 200 penonton yang hadir dalam satu laga. Selain terbatas, sifatnya juga undangan dan tak ada penjualan tiket komersil.

Sementara Dirjen Kemenkes Kartini Rustandi menyebut bahwa gelaran Liga 1 dan Liga 2 2021 sudah berjalan sesuai protokol kesehatan ketat. Untuk itu, pihaknya pun mendukung rencana menghadirkan penonton sepakbola di stadion.

"Mudah-mudahan upaya dengan menambah supporter, para suporter bisa mengikuti protokol kesehatan yang telah ditetapkan PSSI. Kemenkes mendukung upaya menggerakkan masyarakat untuk hidup sehat," ujar Kartini.

"Terkait antigen, secara detail masih dibahas minggu ini, pada prinsipnya kami akan mendukung kegiatan yang dilaksanakan ini. Karena ini juga kan lokasinya berbeda, terus kalau sudah PCR ya tidak perlu antigen lagi," ucapnya.



Simak Video "Tumpah Ruah Suporter Sambut Kedatangan Persis Solo"
[Gambas:Video 20detik]
(cas/mrp)