Indonesia Tetap Tenang Meski Kebobolan Duluan, Ini Pesan Shin Tae-yong

ADVERTISEMENT

Indonesia Tetap Tenang Meski Kebobolan Duluan, Ini Pesan Shin Tae-yong

Lucas Aditya - Sepakbola
Minggu, 19 Des 2021 22:16 WIB
Timnas U-23, Shin Tae-yong
Shin Tae-yong mempunyai pesan ke pemain Indonesia sebelum melawan Malaysia hingga tetap tenang meski kebobolan duluan. (Foto: dok PSSI)
Jakarta -

Timnas Indonesia bermain tenang meski kebobolan lebih dulu saat melawan Malaysia di Piala AFF 2020. Ada pesan Shin Tae-yong hingga Skuad Garuda menang besar.

Saat bertanding di National Stadium, Singapura, Minggu (19/12/2021) malam WIB, Indonesia menang 4-1 atas Harimau Malaya. Tim Merah-Putih comeback dalam duel itu.

Indonesia ketinggalan di menit ke-13. Akibat clearance Irfan Jaya yang buruk, Kogeliswaran Raj menjebol gawang Nadeo Argawinata.

Usaha Indonesia menyamakan kedudukan baru membuahkan hasil pada menit ke-36. Tendangan Irfan Jaya membawa kedudukan kembali seimbang. Pemain PSS Sleman itu membawa Indonesia berbalik unggul pada menit ke-43.

Indonesia menambah gol lagi di babak kedua. Tendangan keras Pratama Arhan pada menit ke-50 menjadi gol ketiga, sundulan Elkan Baggott membuahkan gol keempat pada menit ke-82.

"Pesan yang saya sampaikan ke anak-anak asuh saya sebelum pertandingan adalah, bahkan kalau kami kebobolan gol cepat, jangan panik. Tetaplah bermain dengan cara seperti saat latihan," kata Shin Tae-yong selepas pertandingan.

"Saya juga memberi contoh saat saya menjadi pelatih Timnas Korea. Saat kami berlaga di kompetisi melawan Jepang pada 2017. Yang terjadi kami juga kebobolan lebih dulu, ketinggalan 0-1 dari Jepang."

"Tapi setelah itu, pesan yang sama saya sampaikan ke para pemain. Jangan panik, tetap bermain seperti saat kami berlatih. Lalu, skor akhirnya 4-1. Hari ini, hal yang sama terjadi," kata dia menambahkan.

Dengan hasil ini, Indonesia finis teratas di klasemen Piala AFF 2020 Grup B. Evan Dimas Darmono cs akan melawan Singapura di semifinal, leg 1 akan berlangsung pada, Rabu (22/12) malam WIB.



Simak Video "Akting Kocak Shin Tae-yong Bintangi Iklan Makanan Khas Korea"
[Gambas:Video 20detik]
(cas/ran)

ADVERTISEMENT