ADVERTISEMENT

Deja Vu Shin Tae-yong

Randy Prasatya - Sepakbola
Senin, 20 Des 2021 09:00 WIB
Shin Tae-yong telah resmi menjadi pelatih anyar Timnas Indonesia. Dia diperkenalkan di Stadion Pakansari, Cibinong, Sabtu (28/12/2019).
Shin Tae-yong ingat momen Korea Selatan lumat Jepang saat Indonesia melibas Malaysia. (Foto: Pradita Utama/detikcom)
Singapura -

Indonesia berhasil comeback dalam kemenangan 4-1 melawan Malaysia. Shin Tae-yong mengungkapkan situasi itu mirip saat Korea Selatan melumat Jepang.

Indonesia bertemu Malaysia pada matchday terakhir Grup B Piala AFF 2020. Bertanding di National Stadium, Minggu (19/12/2021) malam WIB, Indonesia tertinggal lebih dulu akibat gol Kogeliswaran Raj.

Skuad Garuda kemudian bangkit dan balik memimpin 2-1 di sampai turun minum lewat brace Irfan Jaya. Indonesia menambah gol di paruh kedua lewat Pratama Arhan dan Elkan Baggott.

Selepas pertandingan, Shin Tae-yong selaku pelatih Indonesia mengungkapkan perasaan yang sama saat melatih Timnas Korea Selatan. Pada Desember 2017 di ajang East Asian Football Championship, Korsel tertinggal oleh Jepang dan kemudian bangkit untuk menang 4-1.

"Saya juga memberi contoh saat menjadi pelatih Timnas Korea. Saat kami berlaga di kompetisi melawan Jepang pada 2017. Kami juga kebobolan lebih dulu, ketinggalan 0-1 dari Jepang," kata Shin Tae-yong selepas laga.

"Tapi setelah itu, pesan yang sama saya sampaikan ke para pemain. Jangan panik, tetap bermain seperti saat kami berlatih. Lalu, skor akhirnya 4-1. Hari ini, hal yang sama terjadi," tegasnya.

Tak cuma bangkit, Timnas Indonesia sanggup membalas dengan empat gol sekaligus. Hasil ini sekaligus menasbihkan Timnas Indonesia sebagai pemuncak klasemen Grup B di atas Vietnam.

Dengan hasil ini, Indonesia menjadi juara Grup B dengan raihan 10 poin. Indonesia unggul produktivitas gol dari Vietnam hingga finis teratas, Malaysia finis ketiga dengan raihan 7 poin.

Indonesia akan melawan Singapura di babak semifinal, pertandingan leg 1 akan berlangsung pada 22 Desember.

(ran/bay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT