Vietnam Tunduk Seketika di Hadapan Raja Piala AFF

Rifqi Ardita Widianto - Sepakbola
Jumat, 24 Des 2021 00:00 WIB
SINGAPORE, SINGAPORE - DECEMBER 23: Chanathip Songkrasin #18 of Thailand competes for the ball against Nguyen Hoang Duc #14 of Vietnam during the second half of the first leg of their AFF Suzuki Cup semifinal at the National Stadium on December 23, 2021 in Singapore. (Photo by Yong Teck Lim/Getty Images)
Vietnam takluk dari Thailand di semifinal leg pertama Piala AFF 2020. (Foto: Getty Images/Yong Teck Lim)
Singapura -

Vietnam yang tangguh dan bersih dari kebobolan sepanjang fase grup Piala AFF 2020 hilang taji di hadapan Thailand. Mereka takluk 0-2 dari sang Raja Piala AFF.

Vietnam kalah 0-2 dari Thailand dalam semifinal leg pertama Piala AFF 2020 di National Stadium, Kamis (23/12/2021) malam WIB. Sepasang gol Chanathip Songkrasin menempatkan satu kaki Thailand di final.

Thailand semestinya bisa menang lebih besar jika penalti Chanathip sukses. Namun tembakannya ke arah tengah terbaca dan diamankan oleh kiper Vietnam Tran Nguyen Manh.

Hasil ini menandai kekalahan pertama buat Vietnam di Piala AFF 2020, juga pertama kalinya mereka kebobolan. Ya, Vietnam adalah satu-satunya tim yang menuntaskan fase grup tanpa kemasukan satu gol pun.

Laga Vietnam melawan Thailand sendiri sebenarnya dianggap sebagai pertemuan ideal untuk final di Piala AFF 2020. Vietnam merupakan juara bertahan, sementara Thailand adalah penguasa Piala AFF dengan lima gelar sehingga keduanya jadi favorit juara.

Thailand sendiri juga tampil impresif sepanjang fase grup. Mereka menyapu bersih empat pertandingan dan jadi satu-satunya tim yang memenangi seluruh laga, serta cuma kemasukan satu gol.

Pada akhirnya, Thailand membuktikan ketangguhan juga pengalaman besar mereka di Piala AFF untuk membendung Vietnam di leg pertama. Sebagai catatan, Thailand total delapan kali menjejak final Piala AFF --Vietnam baru tiga kali-- yang semakin menegaskan bahwa mereka layak menyandang status Raja Piala AFF.

Tapi peluang Vietnam juga bukannya sudah habis. Leg kedua akan digelar Minggu (26/12) mendatang di tempat yang sama. Tapi niscaya tak akan mudah membongkar Thailand yang punya pengalaman besar di kejuaraan ini.



Simak Video "Momen Prabowo Kunker ke Vietnam Bertemu Presiden-Menhan"
[Gambas:Video 20detik]
(raw/adp)