ADVERTISEMENT

Final Keenam Indonesia di Piala AFF

Okdwitya Karina Sari - Sepakbola
Sabtu, 25 Des 2021 22:50 WIB
Egy Maulana Vikri of Indonesia, second right, celebrates with teammates after scoring the fourth goal during the AFF Suzuki Cup 2020 semi-final second leg match between Indonesia and Singapore in Singapore, Saturday, Dec. 25, 2021. (AP Photo/Suhaimi Abdullah)
Timnas Indonesia maju ke final keenam di Piala AFF usai mengalahkan Singapura. (Foto: AP/Suhaimi Abdullah)
Jakarta -

Timnas Indonesia sukses maju ke final Piala AFF keenam setelah menghempaskan Singapura dengan agregat 5-3. Bisakah Indonesia akhirnya merengkuh titel juara?

Indonesia berlaku sebagai tuan rumah saat menghadapi Singapura di semifinal leg II Piala AFF 2020 di National Stadium, Sabtu (25/12/2021) malam WIB. Skuad Garuda menang dengan skor 4-2 dalam laga yang penuh drama.

Tiga kartu merah dikeluarkan wasit Oman Kassem Elhatmy untuk Singapura sehingga menyudahi pertandingan dengan delapan pemain. Indonesia nyaris saja kalah setelah dihukum penalti di pengujung waktu normal dalam kedudukan 2-2.

Namun, Nadeo Argawinata membuat penyelamatan spektakuler atas tendangan 12 pas Singapura yang dieksekusi Faris Ramli. Pertandingan berlanjut ke babak tambahan, 'Merah Putih' akhirnya berhasil memaksimalkannya dengan mencetak dua gol tambahan untuk memastikan kelolosan ke partai puncak.

Ini adalah final keenam Indonesia dalam sejarah Piala AFF. Sejak pertama kali berpartisipasi pada 1996, Indonesia sudah mencapainya sebanyak lima kali pada 2000, 2002, 2004, 2010, dan 2016.

Dari laju 'spesialis runner-up' itu, Indonesia tercatat tiga kali kalah dari Thailand, sekali kalah dari Malaysia, dan sekali dari Singapura.

Kini Indonesia tinggal menunggu lawan yang akan dihadapi dalam misi memenangi trofi juara Piala AFF pertamanya. Pada semifinal yang lain, Thailand sementara unggul 2-0 atas juara bertahan Vietnam di leg pertama. Pertandingan leg kedua akan dilangsungkan besok (26/12/2021).

Sementara itu final leg pertama Piala AFF 2020 akan dilangsungkan pada 29 Desember mendatang dan leg kedua pada 1 Januari 2022.



Simak Video "Momen Diego Michiels Ramal Tendangan Penalti Singapura: Sini Nadeo, Kiri"
[Gambas:Video 20detik]
(rin/ran)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT