ADVERTISEMENT

Sempat Ribut, Shin Tae-yong Kesal dengan Provokasi Pemain Singapura

Muhammad Robbani - Sepakbola
Minggu, 26 Des 2021 06:00 WIB
SINGAPORE, SINGAPORE - DECEMBER 25: Head coach Shin Tae-Yong (C) of Indonesia looks on as Zulqarnaen Suzliman #13 of Singapore prepares for a throw-in during the first half of the second leg of their AFF Suzuki Cup semifinal at the National Stadium on December 25, 2021 in Singapore. (Photo by Yong Teck Lim/Getty Images)
Shin Tae-yong (tengah) di laga Indonesia vs Singapura. (Foto: Getty Images/Yong Teck Lim)
Singapura -

Keributan sempat terjadi antara Shin Tae-yong dengan ofisial Singapura pada semifinal leg kedua Piala AFF 2020. Shin kesal lantaran lawan melakukan provokasi.

Laga di National Stadium, Singapura, Sabtu (25/12/2021) malam WIB, dipenuhi berbagai drama. Salah satunya saat Shin Tae-yong terlibat keributan pada akhir babak pertama.

Insiden bermula dari kartu merah yang didapat Safuwan Baharudin saat pemain Singapura hendak mengeksekusi tendangan bebas. Pada prosesnya, bola set-piece menjadi gol yang dicetak Song Ui-young sekaligus membawa Singapura menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Safuwan Baharudin, yang tak terima dikartu merah sebelumnya, berselebrasi saat keluar lapangan setelah melihat gol Song Ui-young. Shin Tae-yong yang tak terima dengan aksi itu pun terlihat bertikai dengan sejumlah ofisial Singapura.

"Bukan masalah besar, karena ada selebrasi dari pemain Singapura ke arah bench kami," kata Shin Tae-yong menjelaskan ribut-ributnya, saat memberikan keterangan seusai laga.

"Jadi saya sedikit bicara ke pelatih Singapura (Tatsuma Yoshida) bahwa kita harus fair play. Setelah itu baik-baik saja karena pelatih Singapura sudah meminta maaf," ujarnya.

Adapun Shin Tae-yong sendiri cukup tegang melihat perjuangan anak asuhnya meraih kemenangan. Sempat unggul 1-0, Timnas Indonesia malah nyaris kalah 1-2 meski Singapura cuma main dengan 9 orang.

Pratama Arhan akhirnya membawa Timnas Indonesia menyamakan kedudukan menjadi 2-2 pada menit ke-87. Gol itu sendiri cukup kontroversial karena Arhan tertangkap dalam posisi offside sebelum menyambar bola muntah.

Saat laga berlanjut ke babak tambahan, Timnas Indonesia akhirnya memastikan kemenangan 4-2. Gol-golnya dicetak oleh gol bunuh diri Shawal Anuar dan Egy Maulana Vikri.

Pada awalnya, Shin Tae-yong sebenarnya sangat rileks di pinggir lapangan. Malahan ia sempat menertawai Alfeandra Dewangga yang tendangannya jauh melenceng saat melepas tendangan bebas.

"Karena (Timnas Indonesia) tidak fokus untuk set-piece jadi sampai bisa dikatakan pertandingan ini seperti neraka dan ke surga," ucap Shin Tae-yong.

"Bagian (antisipasi set-piece) itu harus diperbaiki khususnya para pemain masih muda, kontrol pertandingan sedikit berkurang. Jadi untuk ke depannya harus lebih menunjukkan lagi perkembangan," tuturnya.

Tonton video 'Ma'ruf Amin: Terima Kasih Shin Tae-yong dan Pemain':

[Gambas:Video 20detik]



Simak: 'Indonesia Melenggang ke Final Piala AFF 2020!'

[Gambas:Video 20detik]



(bay/ran)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT