ADVERTISEMENT

Indonesia Vs Thailand: Jangan Lupakan Kedigdayaan Philip Roller!

Bayu Baskoro - Sepakbola
Kamis, 30 Des 2021 21:35 WIB
SINGAPORE, SINGAPORE - DECEMBER 18: Philip Roller #13 of Thailand controls the ball during the second half of the AFF Suzuki Cup Group A game against Singapore at the National Stadium on December 18, 2021 in Singapore. (Photo by Yong Teck Lim/Getty Images)
Bek kanan Thailand nomor punggung 13, Philip Roller. (Foto: Getty Images/Yong Teck Lim)
Singapura -

Chanathip Songkrasin boleh jadi adalah bintang Thailand saat mengganyang Indonesia. Namun, jangan lupakan peran Philip Roller lewat assist-assist manjanya.

Gajah Perang Thailand mengamuk di leg pertama final Piala AFF 2020, Rabu (29/12/2021). Skuad asuhan Alexandre Polking tanpa ampun mempermak Timnas Indonesia 4-0.

Chanathip menjadi momok Indonesia lewat dua golnya di menit kedua dan ke-52. Dua gol tambahan Thailand disumbangkan Supachok Sarachart (67') dan Bordin Phala (83').

Selain Chanathip Songkrasin, ada satu pemain Thailand yang bersinar di laga kontra Indonesia. Dia adalah Philip Roller yang mencatatkan penampilan keduanya di Piala AFF 2020 malam itu.

Roller tampil sebagai starter untuk pertama kalinya di Piala AFF saat menghadapi Indonesia. Pemain Port FC itu menggantikan wing-back kanan andalan Thailand, Narubadin Weerawatnodom, yang diparkir Alexandre Polking.

Tampil penuh sepanjang 90 menit, Roller mampu mengisi tempat Narubadin dengan gemilang. Opta mencatat, pesepakbola kelahiran Jerman ini menjadi pemain yang paling banyak melepaskan crossing sepanjang laga (5 kali), serta melakukan 46 kali passing.

Dua umpan silang Roller dari sisi kanan membuahkan gol yang merobek jala Indonesia. Gol Chanathip di menit kedua dan Supachok (67') terjadi berkat assist manja pemain nomor punggung 13 tersebut.

Tidak hanya aktif membantu serangan, Roller juga disiplin menjaga sektor pertahanan Thailand. Dia mencatatkan sekali intersep dan empat kali memenangkan duel menghadapi pemain-pemain Indonesia, hingga tampil bersih tanpa melakukan tekel sama sekali.

Philip Roller kini menduduki posisi keempat top assist Piala AFF 2020 dengan dua assist dari dua laga. Bek 27 tahun itu hanya kalah dari dua kompatriotnya, Narubadin dan Worachit Kanitsribampen, serta Irfan Jaya (Indonesia) yang menorehkan tiga assist dengan jumlah pertandingan lebih banyak.

(bay/raw)

ADVERTISEMENT