4 Pemain Timnas Indonesia Dihukum karena Langgar Aturan Bubble

Muhammad Robbani - Sepakbola
Sabtu, 01 Jan 2022 22:37 WIB
Elkan Baggott
Baggott menjadi salah satu pemain yang dilarang tampil di leg kedua final Piala AFF 2020. Foto: Dok. PSSI
Singapore -

Empat pemain Timnas Indonesia dilarang bermain di final leg 2 Piala AFF 2020 karena melanggar aturan. Mereka keluar dari hotel meski sedang menjalani bubble.

Elkan Baggott, Victor Igbonefo, Rizky Ridho, dan Rizky Dwi tak bisa tampil menghadapi Thailand, Sabtu (1/1/2022). Menurut laporan Channel News Asia, mereka berempat melanggar itinerary (rencana perjalanan) di Singapura.

Itinerary yang dimaksud adalah semua peserta termasuk ofisial hanya dapat berpindah dari hotel yang ditunjuk panitia, ke tempat latihan, ke tempat venue pertandingan, dan dilarang keluar atau beraktivitas di luar ketentuan.

"Kontrol ketat terhadap itinerary adalah bagian penting dari langkah-langkah yang aman untuk melindungi kesehatan para pemain yang berpartisipasi, ofisial pertandingan, dan masyarakat luas selama Piala AFF 2020," bunyi pernyataan SportSG.

"Investigasi langsung digelar dan Komite Disiplin AFF juga dibentuk," lanjut keterangan itu.

Kepala Sport Institute Singapura, DR Su Chun Wei, mengatakan bahwa gelaran Piala AFF memang menegakkan aturan ketat dari pemerintah Singapura. Hal ini tak terlepas dari meningkatnya kasus COVID-19 varian Omicron.

"Kami mengambil keputusan buat mereka (4 pemain Timnas Indonesia). Piala AFF digelar dengan aturan ketat untuk melindungi peserta turnamen dan komunitas masyarakat Singapura," kata DR Su Chun Wei.

"Kami telah menekankan ini kepada semua tim yang bersaing di Piala AFF dan bekerja keras untuk menyediakan lingkungan yang aman bagi para pemain sepakbola dan peserta lainnya," jelas DR Su Chun Wei.

Leg kedua final Piala AFF 2020 antara Thailand vs Indonesia berakhir 2-2. Dengan demikian, War Elephants berhak atas titel keenam turnamen antar negara Asia Tenggara itu usai unggul agregat 6-2.

(adp/adp)