Madam Pang Calon Kuat Presiden Federasi Sepakbola Thailand?

ADVERTISEMENT

Madam Pang Calon Kuat Presiden Federasi Sepakbola Thailand?

Kris Fathoni W - Sepakbola
Minggu, 02 Jan 2022 21:00 WIB
Thailand team manager, Nualphan Lamsam poses with the trophy after Thailand defeat Indonesia in the AFF Suzuki Cup 2020 final second leg soccer match in Singapore, Saturday, Jan. 1, 2022. (AP Photo/Suhaimi Abdullah)
Madam Pang Calon Kuat Presiden Federasi Sepakbola Thailand? Foto: AP/Suhaimi Abdullah
Jakarta -

Keberhasilan Thailand juara Piala AFF 2020 turut bikin nama Madam Pang kian jadi buah bibir. Bahkan ada spekulasi ia kini menjadi calon kuat orang nomor satu di Federasi Sepakbola Thailand (FAT).

Kiprah Gajah Perang di Piala AFF 2020 memang tak lepas dari polesan tangan Madam Pang sebagai manajer. Sosok 55 tahun dengan nama asli Nualphan Lamsam itu adalah sosok yang sudah cukup lama dikenal di dunia sepakbola Thailand.

Sebelum ini Madam Pang punya rekam jejak bagus semasa jadi manajer timnas putri Thailand. Hasil polesannya juga terlihat di timnas Thailand U-23. Sosialita tajir dari salah satu keluarga terpanjang Negeri Gajah Putih ini pun menjadi salah satu presiden klub lokal di negaranya.

Bahkan penunjukan Alexandre Polking sebagai pelatih timnas Thailand pun tak lepas dari peran serta Madam Pang. Yang luar biasa, Madam Pang pula yang bikin Polking langsung 'nyetel' dengan Teerasil Dangda cs walaupun relatif baru berada di posisinya tersebut -- ia ditunjuk melatih Thailand pada akhir September 2021.

"Nyonya Nuanphan Lamsam sebagai manajer timnas-lah yang membantu tim jadi lebih segar. Semua jadi lebih bisa bersosialisasi dan para pemain bisa rileks jelang turnamen," kata Supachok Sarachat, gelandang Thailand, sebagaimana dilansir oleh media Vietnam tin247.com.

"Beliau pula yang memilih pelatih Alexandre Polking karena sangat paham sepakbola Thailand. Ia (Polking) tahu semua pemain. Saat ia (Polking) melatih tim nasional, kami berada dalam kondisi yang lebih baik. Terima kasih buat pemimpin tim Madam Pang, yang sudah memilih Coach Polking buat Thailand."

Madam Pang juga dikenal sebagai sosok yang royal kepada para pemain timnas Thailand. Selain memberikan sejumlah fasilitas dan hadiah buat para pemain, ia pun menyiapkan pesawat charter agar pemain Thailand bisa pulang ke rumah dengan aman dan nyaman segera setelah gelaran final Piala AFF. Belum lagi iming-iming bonus darinya.

Hal itu pula yang membuat sosok Madam Pang kini dispekulasikan bakal jadi calon kuat presiden Federasi Sepakbola Thailand (FAT) di masa depan. Bahkan Somyot Poompanmoung, presiden FAT saat ini, kabarnya sudah berjanji akan mendukung penuh Madam Pang menjadi penerusnya. Yang jadi pertanyaan cuma satu: apakah Madam Pang berminat?

(krs/yna)

ADVERTISEMENT