Kontrak Baru Asnawi Perintah Langsung Pemilik Ansan Greeners?

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Jumat, 07 Jan 2022 16:00 WIB
Indonesias defender Asnawi Mangkualam Bahar controls the ball during the AFF U-22 Cup 2019 finals football match between Indonesia and Thailand at the National Stadium in Phnom Penh on February 26, 2019. (Photo by TANG CHHIN Sothy / AFP)
Asnawi Mangkualam lanjut di Ansan Greener tahun ini (AFP/TANG CHHIN SOTHY)
Ansan -

Asnawi Mangkualam diklaim nyaris tidak lanjut bersama Ansan Greeners FC tahun ini. Tapi, pemilik Ansan langsung turun tangan untuk mempertahankan Asnawi.

Asnawi resmi melanjutkan kariernya bersama klub Liga 2 Korea Selatan tersebut, setelah Ansan mengaktifikan klausul perpanjangan kontraknya hingga Desember 2023. Sebelumnya masa tinggal Asnawi habis Desember 2021.

Sempat ada isu kalau Ansan tidak puas dengan performa Asnawi dan memilih untuk mengakhiri kerjasama tersebut. Sebab Asnawi kesulitan beradaptasi sepanjang musim lalu karena cuma tampil 14 kali dan menyumbang satu assist.

Cedera membuat Asnawi naik-turun kariernya, ditambah juga dia sempat terpapar COVID-19. Namun, performa apik Asnawi selama di Piala AFF 2020 membuat Ansan berubah pikiran.

Asnawi berhasil melajukan Indonesia ke final meski akhirnya kalah dari Thailand dan mampu jadi kapten yang baik untuk rekan-rekannya. Oleh karenanya, Ansan pun dengan senang hati memperpanjang kontrak Asnawi.

Apalagi perintah untuk mempertahankan Asnawi datang dari pemilik klub Yoon Hwa-seop yang terkejut dengan performa bek kanannya itu. Sebab negosiasi hampir gagal dan Ansan sudah rela melepas Asnawi.

"Negosiasi dengan Asnawi nyaris gagal. Itu karena reaksi dan performa yang di luar ekspektasi," demikian artikel di media Korea Chosun.

"Namun, dikabarkan kesepakatan damai dicapai dengan tambahan instruksi khusus dari pemiliknya, Yoon Hwa-seop."

Asnawi Mangkualam kini punya target untuk mengantarkan Ansan promosi ke K League 1. Ia ingin membuka jalan bagi para pemain Indonesia untuk bermain di Korea Selatan.

(mrp/rin)