Hasil Liga 1: Kalahkan Persija, Persipura Keluar dari Zona Degradasi

Adhi Prasetya - Sepakbola
Selasa, 11 Jan 2022 18:27 WIB
Laga pekan ke-19 Liga 1 2021/22 antara Persija vs Persipura, Selasa (11/1/2022) di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar. Persipura menang 2-1.
Riko Simanjuntak (kiri) gagal membawa Persija menang di laga ini. Foto: Dok. Liga Indonesia Baru
Gianyar -

Persipura Jayapura berhasil mengalahkan Persija Jakarta 2-1 di pekan ke-19 BRI Liga 1 musim ini. Kemenangan ini mengantarkan Mutiara Hitam keluar dari zona degradasi.

Bermain di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Selasa (11/1/2022), Persipura berhasil mencetak gol lebih dulu di menit ke-25. Lewat sebuah serangan balik, Ferinando Pahabol melepaskan tembakan jarak jauh yang bersarang telak di sudut kiri gawang Persija.

Keunggulan itu diperbesar Persipura di menit ke-45. Crossing Gunansar Mandowen dari sisi kanan disambut sundulan Ramiro Fergonzi, yang dengan cerdik mengarahkan bola ke arah Yevhen Bokhashvili. Tak terkawal, sepakan pemain Ukraina itu sukses membuat gawang Andritany Ardhiyasa bobol untuk kedua kalinya.

Skor 2-0 bertahan hingga jeda.

Di babak kedua, Persija langsung berupaya mencetak gol cepat. Ada peluang bagus lewat sundulan Otavio Dutra di menit ke-50, namun hasilnya masih melenceng dari sasaran. Tiga menit berselang, tembakan jarak jauh Marko Simic melambung jauh di atas gawang.

Persija tak putus asa. Menit ke-56, crossing Marco Motta dari sisi kanan berhasil diterima Makan Konate, tetapi sundulannya melambung di atas gawang.

Hampir saja Persipura menambah gol di menit ke-57, saat Yevhen berusaha menyundul bola ke ke tiang jauh di sisi kiri, tetapi belum tepat sasaran.

Upaya Persija mencetak gol makin berat usai Dwiki Arya diganjar kartu kuning kedua di menit ke-66 karena melanggar Muhammad Tahir. Sebelumnya ia mendapat kartu kuning di babak pertama, membuatnya harus meninggalkan lapangan.

Unggul jumlah pemain, Persipura jadi lebih leluasa menyerang. Mandowen melepaskan tembakan jarak jauh terukur di menit ke-68, beruntung Andritany berhasil menepisnya. Tak lama berselang, long shoot dari Tahir juga diblok oleh kiper 30 tahun itu.

Serangan Persipura berlanjut. Pahabol mendapat kesempatan mencetak gol kedua di menit ke-73 lewat tembakan keras mendatar ke sudut kanan gawang Persija, tetapi Andritany kembali tampil gemilang menyelamatkan gawangnya.

Persija belum menyerah. Motta hampir saja mencetak gol di menit ke-75 saat berhasil masuk ke kotak penalti Persipura, tetapi tembakannya ditepis Fitrul Dwi Rustapa. Dua menit setelahnya, sundulan Otavio membentur mistar gawang.

Makan Konate berhasil mencetak gol di injury time babak kedua, memanfaatkan kemelut di kotak penalti Persipura, namun sudah terlambat. Skor 2-1 untuk Persipura bertahan hingga usai.

Hasil ini membuat Mutiara Hitam keluar dari zona degradasi, naik ke posisi 15 dengan 17 poin. Sedangkan Persija tetap di posisi enam dengan 28 poin.

Susunan pemain

Persija: Andritany Ardhiyasa, Novri Setiawan (Samuel Simanjuntak 82'), Maman Abdurahman, Ikhwan Ciptady, Marco Motta, Ahmad Bustomi (Otavio Dutra 46'), Dwiki Arya, Alfriyanto Nico (Ichsan Kurniawan 46'), Makan Konate, Riko Simanjuntak (Irfan Jauhari 86'), Marko Simic (Taufik Hidayat 56').

Persipura: Fitrul Dwi Rustapa, David Rumakiek, Donni Harold Monim, Brian Fatari, Muhammad Tahir (Ian Louis Kabes 79'), Nelson Alom (Ricky Cawor 60'), Takuya Matsunaga, Ramiro Fergonzi (Fridolin Yoku 60'), Gunansar Mandowen (Elisa Basna 89'), Yevhen Bokhashvili (Nyoman Ansanay (79'), Ferinando Pahabol.

(adp/krs)