Timor Leste Jadi Lawan Timnas Indonesia, Gantikan Bangladesh

Muhammad Robbani - Sepakbola
Selasa, 18 Jan 2022 15:00 WIB
Indonesia players huddle during the AFF Suzuki Cup 2020 final first leg soccer match between Indonesia and Thailand in Singapore, Wednesday, Dec. 29, 2021. (AP Photo/Suhaimi Abdullah)
Foto: AP/Suhaimi Abdullah
Jakarta -

Timor Leste dipilih PSSI sebagai lawan uji coba Timnas Indonesia pada jeda internasional atau FIFA Matchday. Negara tetangga itu dipilih menggantikan Bangladesh.

Pada awalnya, Timnas Indonesia akan menghadapi Bangladesh pada tanggal 24 dan 27 Januari. Tapi negara Asia Selatan itu tak bisa masuk ke Indonesia karena ada 10 pemainnya yang belum melakukan vaksinasi COVID-19 dosis kedua.

Kepastian itu muncul setelah PSSI sudah setuju memenuhi permintaan Bangladesh untuk beruji coba dua kali. Selain Bangladesh, PSSI awalnya juga mau Timnas Indonesia melawan Brunei.

Setelah membatalkan uji coba melawan Brunei, partai melawan Bangladesh pada akhirnya juga tak bisa digelar. Timor Leste kemudian dipilih menjadi lawan uji coba pengganti Bangladesh.

"Timnas Indonesia direncanakan akan melawan Timor Leste pada periode FIFA Match Day bulan ini. Laga tersebut akan berlangsung di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar," tulis keterangan resmi PSSI dalam rilisnya.

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengungkapkan alasan memilih Timor Leste. Dari kondisi dan situasi saat ini, Timor Leste dirasa sebagai lawan yang paling cocok untuk didatangkan ke Indonesia.

"Kemungkinan besar Timor Leste. Karena cukup sulit mencari friendly match sekarang. Karena aturan negara lain berbeda dengan kita," ujar Iriawan.

Dari informasi yang dihimpun, belum ada keputusan kapan pertandingan uji coba ini akan dilaksanakan. Begitu juga soal berapa kali Timnas Indonesia akan menghadapi Timor Leste.

Sebanyak 27 pemain dipanggil untuk menjalani Pemusatan Latihan (TC) di Bali. Adapun TC akan digelar pada 19 hingga 28 Januari mendatang.

"Para pemain dan ofisial akan mulai berkumpul pada tanggal 19 Januari mendatang di Bali. Selama menjalani pemusatan latihan, Evan Dimas tentu tetap menjalankan protokol kesehatan yang ketat," tulis PSSI.

(krs/mrp)