Permintaan Shin Tae-yong: Dua Asisten Pelatih Timnas Tak Lanjut

Muhammad Robbani - Sepakbola
Kamis, 20 Jan 2022 18:15 WIB
Indonesia head coach, Shin Tae Yong reacts at the touchline during the AFF Suzuki Cup 2020 semi-final second leg match between Indonesia and Singapore in Singapore, Sunday, Dec. 26, 2021. (AP Photo/Suhaimi Abdullah)
Foto: AP/Suhaimi Abdullah
Jakarta -

Dua asisten pelatih Timnas Indonesia yakni Sahari Gultom dan Alex Aldha tidak lanjut bersama Garuda. Shin Tae-yong sendiri yang meminta keduanya tidak lanjut.

Sahari Gultom merupakan pelatih kiper, sementara Alex Aldha adalah pelatih fisik. Kabar tidak lanjutnya dua asisten di Timnas Indonesia diketahui dari postingan Nova Arianto di media sosial.

Nova Arianto yang juga asisten pelatih Timnas Indonesia mengucapkan salam perpisahan ke kedua rekannya tersebut. Mereka bertiga sudah bekerja sama selama kurang lebih dua tahun di Timnas Indonesia.

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan menyebut bahwa kedua asisten itu tidak diperpanjang kontraknya. Sudah begitu, Shin Tae-yong juga tidak merekomendasikan untuk dilakukan perpanjangan kontrak.

"Itu permintaan Shin Tae-yong nanti silahkan tanyakan saja. Shin Tae-yong minta itu supaya diganti, kita akomodir. Nanti pasti akan ada penggantinya," kata Iriawan kepada wartawan.

Cabutnya Sahari dan Alex menambah daftar panjang perubahan komposisi tim pelatih Timnas Indonesia. Kini asistennya Shin Tae-yong menyisakan Choi In-cheol, Nova Arianto, Shin Sang-gyu, dan Kim Bong-soo.

Ada juga Dzenan Radoncic dan Kim Jong-jin sebagai analisis pertandingan. Kemudian ada juga tim penerjemah yakni Yoo Jae-hoon dan Jeong Seok-seo.

Sebelum ini, Shin Tae-yong sudah beberapa kali ditinggal para asistennya dari Korea. Ada Gong Oh-kyun, Kim Hae-woon, Lee Jae-hong, dan Kim Woo-jae yang.

(aff/cas)