Hasil Liga 1 2021: PSM Makassar Atasi Barito Putera 2-1

Yanu Arifin - Sepakbola
Jumat, 28 Jan 2022 22:02 WIB
Logo Liga 1, Logo Bri Liga 1, BRI Liga 1
PSM Makassar mengalahkan Barito Putera 2-1 di lanjutan Liga 1 2021. (Foto: Dok. Istimewa)
Denpasar -

PSM Makassar meraih tiga poin saat melawan Barito Putera di lanjutan kompetisi BRI Liga 1 2021. Juku Eja menang 2-1 atas Laskar Antasari.

Bertanding di Stadion Kompyang Sujana, Denpasar, Bali, Jumat (28/1/2022), PSM mengambil inisiatif serangan. Beberapa percobaan dilakukan anak asuh Joop Gall.

Delfin Rumbino melepaskan tembakan di menit ke-8, namun masih melenceng. Begitu juga upaya Ilham Udin Armayn empat menit berselang, yang belum bisa mengarahkan bola tepat ke gawang.

Tekanan PSM akhirnya membuahkan gol pada menit ke-12. Yakob Sayuri membawa PSM unggul 1-0, usai sepakan kaki kanannya bisa meneruskan assist kepala Ilham Udin menjadi gol. Sepakan Yakob dari sisi kanan mengirim bola bersarang ke gawang Barito Putera.

Barito coba bangkit dan melancarkan beberapa tekanan. Namun, upaya yang dilakukan Guy Junior dkk masih belum membuahkan hasil.

Malah PSM Makassar yang bisa memperlebar keunggulan atas Barito Putera. Wiljan Pluim bisa memanfaatkan umpan Zulkifli Syukur menjadi gol pada menit ke-22.

Tertinggal dua gol, Barito mencoba lagi keluar menyerang. Beberapa ancaman ditebar Rafael Silva dan Bruno Matos. Gol akhirnya didapat pada menit ke-27, lewat aksi Rafael Silva, yang bisa memanfaatkan umpan silang Bruno Matos.

Di sisa waktu babak pertama, Barito banyak menekan PSM. Namun, tak gol lagi bisa diciptakan. Skor 2-1 bertahan hingga jeda.

Di babak kedua, Barito makin kesulitan. Sebaliknya, PSM lebih mendominasi permainan. Barito cuma bisa menekan di awal-awal babak kedua. Selebihnya, PSM mendominasi sejumlah peluang.

Bertubi-tubi ancaman ditebar Yakob Sayuri, Wiljan Pluim, dan Ilham Udin. Namun, serangan-serangan itu belum bisa menghadirkan gol ketiga hingga memasuki menir ke-75.

Barito kemudian mengganti beberapa pemainnya. Masuknya penggawa baru membuat hadirnya sedikit tekanan. Beberapa peluang bisa didapat, namun tetap tak bisa menghadirkan gol.

Hingga laga bubar, tak ada gol tambahan tercipta. Kemenangan 2-1 PSM atas Barito bertahan.

Tambahan tiga poin membuat PSM naik ke peringkat 9 klasemen Liga 1 dengan 27 poin dari 21 laga. Sementara kekalahan membuat Barito gagal beranjak dari zona merah, yakni masih di peringkat 17 dengan koleksi 16 poin.


Susunan Pemain

Barito Putera: Riyandi, Bagas Kaffa, Jin-sung, Firly, Saddam, Bayu Pradana [Yuswanto 90'], Lutfi [Maitimo 81'], Beny [Beri 89'], Bruno, Rafael, Guy Junior [Buyung Lessy 72']

PSM Makassar: Hilmansyah, Abdul Rahman, Ganjar Mukti, Hasyim, Zulkifli, Arfan, Wiljan Pluim, Delvin [Rizky Eka 71'], Ilham Udin [Ferdinand 87'], Yakob, Prince Kallon [Rafli 55']

(yna/mrp)