PSSI: Shin Tae-yong Yakin Bisa Bawa Timnas U-23 Juara Piala AFF

ADVERTISEMENT

PSSI: Shin Tae-yong Yakin Bisa Bawa Timnas U-23 Juara Piala AFF

Muhammad Robbani - Sepakbola
Selasa, 08 Feb 2022 15:20 WIB
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong (kedua kiri) memberi arahan kepada pemain Timnas Indonesia Bayu Fiqri saat bertanding melawan Timnas Timor Leste dalam pertandingan sepak bola Leg 2 FIFA Matchday di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar Bali, Minggu (30/1/2022). Indonesia berhasil memenangkan pertandingan dengan skor 3-0. ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana/foc.
Foto: ANTARA FOTO/Nyoman Budhiana
Jakarta -

Shin Tae-yong, disebut PSSI, yakin bisa memenuhi ambisi Timnas Indonesia U-23 di Piala AFF U-23 2022. Federasi menargetkan Garuda Muda kembali menjadi juara.

"Shin Tae-yong percaya diri bisa membawa Timnas Indonesia U-23 juara Piala AFF U-23 2022 di Kamboja mendatang," tulis PSSI dalam rilisnya.

Indonesia berstatus sebagai juara bertahan pada Piala AFF U-23 mendatang. Timnas Indonesia U-22 juara Piala AFF U-22 2019 setelah mengalahkan Thailand 2-1 pada laga final.

PSSI menargetkan tim asuhan Shin Tae-yong untuk mengulang prestasi yang sama. Timnas U-23 saat ini sedang bersiap dengan menggelar Pemusatan Latihan (TC) sejak awal Februari.

Ada 29 pemain yang dipanggil Shin Tae-yong dalam TC di Bali. Beberapa di antaranya merupakan pilar Timnas Indonesia di Piala AFF 2020 seperti Alfeandra Dewangga, Pratama Arhan, hingga Ramai Rumakiek.

Timnas U-23 sempat diliburkan dua hari setelah mendapatkan vaksinasi ketiga (booster). Arhan Cs kemudian mulai latihan lagi di lapangan, Senin (7/2/2022).

"Latihan hari ini banyak pemain yang baru bergabung. Karena habis pertandingan kemarin Liga 1, jadi sebagian conditioning training dan sebagian latihan dasar saja seperti passing," kata Shin Tae-yong.

"Jujur belum tahu (soal kondisi), sebagian baru gabung jadi belum lengkap, baru pulang dari klub. Jadi latihan pemulihan saja, jujur belum tahu kondisi pemain," ujarnya.

Sementara itu, Shin Tae-yong menyebut bahwa Piala AFF U-23 punya arti penting buat timnya. Turnamen yang akan digelar di Kamboja itu penting buat persiapan menuju ajang-ajang lainnya.

Piala AFF U-23 adalah salah satu rangkaian agenda Timnas U-23 di 2022. Setiap ajang akan digunakan untuk memantau perkembangan dan kesiapan Timnas U-23.

"Jujur saja ini menjadi kesempatan pemain muda untuk berkembang, sebagai persiapan SEA Games 2021," ucap Shin Tae-yong.

(krs/ran)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT