Lapangan yang Akan Jadi Tempat Latihan PSM Pakai Rumput seperti di GBK

M. Dandyanto Pratomo - Sepakbola
Jumat, 25 Mar 2022 21:20 WIB
Renovasi Lapangan Andi Makkasau Parepare
Lapangan Andi Makkasau. Foto: Muhclis Abduh
Jakarta -

Pengerjaan fisik lapangan Andi Makkasau di Parepare, Sulawesi Selatan, telah selesai. Lapangan yang rencananya akan jadi tempat latihan PSM Makassar itu memakai rumput yang juga digunakan Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK).

Saat ini fokus pengerjaan tertuju pada menumbuhkan rumput jenis Zoysia Matrella. Penumbuhan dan pemeliharaan rumput ditargetkan tuntas 6 bulan. Selepas itu, lapangan pun sudah bisa dipergunakan.

"Pengerjaan fisik lapangan Andi Makkasau sudah selesai. Ini sisa pemeliharaan rumput. Ya, sekitar enam bulan dihitung sejak awal Januari 2022. Jadi Juni selesai perawatan dan semoga bisa digunakan Juli jika tak ada kendala," ungkap Plt Kadis PUPR Parepare Samsuddin Taha, kepada detikSulsel, Selasa (22/3/2022).

"Itu rumput sama yang digunakan dengan di GBK. Kalau rumput sudah tumbuh bagus, maka insyaAllah sudah bisa digunakan. Sesuai dengan keinginan Pak Wali, Lapangan Andi Makkasau akan menjadi tempat latihan para pemain PSM Makassar makanya rumput itu harus betul-betul dipastikan siap sebelum digunakan," bebernya.

Rumput jenis Zoysia Matrella atau rumput manila diketahui memiliki elastisitas yang tinggi dan teksturnya halus dibandingkan jenis rumput lainnya. Hal itu antara lain membuat bola dapat bergulir dengan baik.

"Jenis rumput ini membuat bola bergulir dengan baik," jelasnya.

Lapangan Andi Makkasau di Kota Parepare mulai direnovasi sejak 2021 dengan anggaran Rp 1,9 miliar. Pekerjaan rehabilitasi meliputi perbaikan saluran air, sehingga dapat mengurangi resiko air tergenang ketika hujan.

Elevasi lapangan juga dinaikkan dengan ketinggian sekitar 20-30 cm dari yang sudah ada saat ini.

Wali Kota Parepare Taufan Pawe, di beberapa kesempatan, menjelaskan bahwa rehabilitasi alun-alun dan Lapangan Andi Makkasau telah mencapai 100% di Januari 2022 lalu. Saat ini, sedang dilakukan tahap pemeliharaan.

"Rumputnya secara bertahap tumbuh dan dipangkas agar rapi. InsyaAllah segera bisa kita gunakan bersama," tukasnya.

Artikel ini sudah tayang di detikSulsel. Simak berita lainnya di sini.

(krs/adp)