Eky Taufik & Abduh Lestaluhu: Habis Juara Liga 2, Kini Juara Liga 1

Muhammad Robbani - Sepakbola
Sabtu, 26 Mar 2022 18:00 WIB
Abduh Lestaluhu
Eky Taufik & Abduh Lestaluhu: Habis Juara Liga 2, Kini Juara Liga 1 (Foto: Dok Persis Solo )
Jakarta -

Ada fakta unik setelah Bali United menjuarai BRI Liga 1 2021. Dua pemain mereka yakni Eky Taufik dan Abduh Lestaluhu merasakan dua gelar Liga 2 dan Liga 1.

Eky dan Abduh merupakan pemain yang dipinjam Bali United dari Persis Solo. Saat di Persis, keduanya lebih dulu mengantar klub Solo menjadi juara Liga 2 2021.

Lantaran Liga 2 sudah beres pada akhir tahun 2021, banyak pemainnya yang minggat sementara ke klub-klub Liga 1. Termasuk Eky dan Abduh yang berlabuh sementara ke Bali United sambil menunggu kompetisi musim selanjutnya bergulir lagi.

Keduanya merupakan pilar penting Persis untuk menjadi nomor 1 di Liga 2 sekaligus promosi ke Liga 1 2022. Eky main 14 kali, sementara Abduh 15 kali tampil.

Tapi di Bali United peran mereka tak sebesar di Persis. Eky Taufik yang merupakan bek kanan harus bersaing dengan I Made Andhika Wijaya, sedang Abduh bersaing dengan Ricky Fajrin di bek kiri.

Kondisi itu membuat Eky hanya mencatat tujuh penampilan dengan hanya tiga kali menjadi starter. Abduh lebih sedikit, yakni hanya main lima kali yang kesemuanya sebagai pemain pengganti.

Baik Eky dan Abduh Lestaluhu kemungkinan akan kembali ke Persis yang kebetulan akan menjadi pesaing Bali United di Liga 1 musim 2022. Tapi masih ada kemungkinan keduanya bertahan lebih lama, setidaknya sampai gelaran fase Grup Piala AFC 2022 mendatang.

Selain Eky dan Abduh, sebenarnya juga ada Reuben Silitonga yang dipinjam Bali United dari Persis. Tapi pemain kelahiran Manila, Filipina, itu tak mendapat menit bermain bersama Serdadu Tridatu.

Bali United menjadi juara Liga 1 setelah Persib Bandung bermain imbang 0-0 dengan Persik Kediri, Jumat (25/3/2022). Persib yang mengoleksi 68 poin sudah tak bisa mengejar perolehan 72 poin milik Bali United.

(aff/krs)