ADVERTISEMENT

SSB Asiop Kerja Sama dengan Akademi Amerika, Brooklyn United

Muhammad Robbani - Sepakbola
Senin, 28 Mar 2022 19:35 WIB
SSB Asiop
Foto: (Muhammad Robbani/detikSport)
Jakarta -

Sekolah Sepakbola Asiop menjalin kerja sama dengan Brooklyn United (BU) Academy. Kemitraan dijalin Asiop demi mengembangkan metode pelatihan tim.

Penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) dan kerja sama dilakukan di ASIOP Training Ground di Royal Sentul Park, Kabupaten Bogor, Minggu (27/03/2022). Asiop sebenarnya sudah punya kurikulum ASIOP Way dengan menggunakan metode pelatihan Filanesia.

Dampak positifnya, Asiop telah berkontribusi dengan banyaknya pemain ASIOP yang dipanggil untuk tim nasional dalam berbagai kategori usia. Adapun kerja sama ini sendiri sudah mulai dijajaki sejak tahun lalu.

Saat itu, Chairman ASIOP Ade Wellington melakukan kunjungan ke pusat latihan Brooklyn United yang merupakan kawasan pelatihan indoor di New York. Di sana, Ade Wellington juga berkesempatan bertemu dengan Presiden dari Brooklyn United, Nathan Bell.

Saat ini Brooklyn United sendiri memiliki 2.400 siswa yang menjadikan mereka salah satu akademi sepak bola besar dan terbaik yang ada di sana. Kerjasama ini akhirnya berlanjut dengan ASIOP dapat kunjungan balik dari Direktur Kepelatihan Brooklyn United, Eduardo Molan Perez.

Dari pembicaraan lisan tersebut terus berkembang menjadi pembicaraan agreement lisan dan akhirnya kunjungan balik dilakukan Brooklyn United ke ASIOP. Kini, tanda kerja sama itu ditandai dengan MoU.

"Kami mau kerjasamanya jangka panjang. Nanti detailnya akan kami bicarakan lagi lebih lanjut," ucap Direktur ASIOP Ade Prima Syarif.

SSB Asiop(Muhammad Robbani/detikSport)

Kerja sama ini nantinya akan meliputi banyak hal. Di antaranya, BU akan berbagi ilmu metodologi kepelatihan untuk melengkapi methodology ASIOP Way.

Ke depan, BU dan ASIOP juga akan saling mengirim pemain dan pelatih ke masing-masing pihak, untuk membantu pemain dan pelatih ASIOP untuk lebih berkembang. ASIOP dan BU juga akan saling mengirim tim akademi ke setiap turnamen yang diselenggarakan BU di New York maupun turnamen internasional yg diselenggarakan Asiop.

Selain itu kedua belah pihak akan berbagi pengetahuan dan pengalaman mereka dalam menjalankan manajemen akademi seluruh kategori usia serta mengelola sponsorship komersial.

"Kerja sama ini sangat penting bagi klub dalam menjaga hubungan jangka panjang dengan sponsor yang memberikan dukungan keuangan yang berkelanjutan untuk pengembangan Asiop," kata Ade Prima Syarif.

Kerja sama ini tentu menjadi hal yang membanggakan bagi Asiop karena Amerika Serikat kini merupakan salah satu negara terbaik dalam perkembangan sepak bola di Dunia. Amerika Serikat pernah menghuni peringkat empat dunia, dan sekarang berada di ranking 13 FIFA.

Menariknya, kerja sama ini juga terjalin berkat kehadiran sosok Eduardo Perez. Eks Pelatih PSS Sleman itu saat ini bertindak sebagai Coaching Director Brooklyn United.

Eduardo Perez memang punya minat dan ikatan emosional dengan sepakbola Indonesia. Maklum, ia pernah menjadi tim kepelatihan Timnas Indonesia era Luis Milla dan sempat menjadi Pelatih Persija Jakarta juga.

"Kami punya hubungan baik sejak lama dengan Ade Wellington. Saya sangat senang berada di sini dan menjalin kerja sama antara Brooklyn dan Asiop. Asiop punya semua fasilitas untuk mengembangkan sepakbola. Kami akan bekerja bareng," tutur Eduardo.

"Saya selalu menantikan untuk bekerja dan berhubungan dengan sepakbola Indonesia. Tapi saya akan lebih banyak bekerja di New York dan memantau dari sana. Sekarang kita bisa melakukan berhubungan dari jauh," ucapnya.

Technical Director Asiop Pedro Javier menyambut kerja sama ini. Ia yakin Brooklyn United punya kualitas bagus dan bisa memberikan dampak positif buat Asiop.

"Terima kasih kepada Brooklyn sudah datang ke Indonesia, kami akan develop Asiop bersama Brooklyn. Kami akan melakukan konsep yang sama dan melatih pemain. Ade Wellington sangat pede dengan project ini. Bagi saya ini bagus," ucapnya.

(aff/cas)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT