ADVERTISEMENT

Timnas Indonesia U-19 Kalah 1-5 dari Korea Selatan

Putra Rusdi K - Sepakbola
Selasa, 29 Mar 2022 18:58 WIB
Timnas Indonesia U-19
Timnas Indonesia U-19 kalah 1-5 dari Korea Selatan U-19 (Foto: dok. PSSI)
Daegu -

Timnas Indonesia U-19 kalah dalam laga uji coba melawan Korea Selatan U-19. Garuda Nusantara disikat 1-5.

Timnas Indonesia U-19 menghadapi Korea Selatan U-19 di DGB Daegu Bank Park Stadium pada laga uji coba, Selasa (29/3/2022) sore WIB. Garuda Muda berani mengimbangi permainan terbuka Korea Selatan di awal babak pertama.

Namun pada menit ke-9, Indonesia kecolongan. Bermula dari pergerakan Lee Seung-won dari sisi kiri, ia memberikan bola ke Jung Jong-hun di kotak penalti.

Jung Jong-hun melepas tembakan sambil memutar badan yang mengecoh Erlangga Setyo. Korsel unggul 1-0.

Gol ini tampak memecah konsentrasi lini belakang Indonesia. Empat menit berselang Korsel kembali bikin gol.

Bola umpan silang yang ditepis Erlangga justru menuju ke Kang Seong-jin. Ia melepas sepakan keras dari sudut sempit yang menggetarkan jala Indonesia.

Pada menit ke-17, Korsel menjauh. Jung Jong-hun yang menusuk dari sisi kiri melepas sepakan keras. Bola sempat ditepis Erlangga tapi tetap meluncur menggetarkan jalanya.

Indonesia memiliki peluang emas untuk menipiskan ketinggalan pada menit ke-23. Arsa Ahmad dengan baik mengontrol bola umpan silang dari sisi kiri melepaskan diri dari kawalan pemain Korsel. Namun sepakannya di depan gawang justru melebar.

Pelatih Indonesia, Shin Tae-yong, langsung melakukan pergantian usai skemanya tak berjalan dengan baik. Ia mengganti Erlangga dengan Cahya Supriadi di bawah mistar.

Lalu masuk Mikhael Tata, Marselino Ferdinan, dan Ferdiansyah menggantikan Alex Kamuru, Frezy Al Hudafi, Arsa Ahmad.

Permainan Indonesia kemudian membaik. Hasilnya Indonesia bisa menipiskan ketinggalan di menit ke-42 dari kombinasi dua pemain pengganti.

Ferdiansyah yang bergerak dari sisi kanan melepas umpan terukur yang bisa ditanduk Marselino Ferdinan. Sundulan Marselino bersarang ke pojok kanan gawang Korsel.

Skor 3-1 untuk keunggulan Korsel bertahan hingga babak pertama tuntas.Selepas jeda, Indonesia tampil cukup prima meredam gempuran Korsel.

Pada menit ke-57, Jung Jong-hun kembali hampir menjadi mimpi buruk Merah Putih. Namun sundulannya di depan gawang masih melebar.

Penampilan apik lini belakang Indonesia di babak kedua ternoda pada menit ke-79. Marcel Januar melanggar Choi Seong-min di tepi kotak penalti.

Choi mengeksekusi sendiri penalti ini. Sepakan panenkannya sempat membentur mistar sebelum masuk ke gawang Indonesia.

Marcel kembali melakukan kesalahan serupa pada menit ke-88. Kali ini, ia menebas kaki Lee Seung-won. Ekseskusi Lee ke sisi kanan mengecoh Cahya Supriadi.

Korsel menutup laga dengan kemenangan 5-1 atas Indonesia.

Susunan Pemain

Indonesia:Erlangga Setyo (Cahya Supriadi 19'), Kakang Rudianto, Muhammad Ferari (Bernabas Sobor 70'), Kadek Arel, Marcel Januar, Alex Kamuru (Mikhael Tata 25'), Frezy Al Hudafi (Marselino Ferdinan 25'), Subhan Fajri, Raka Cahyana, Arsa Ahmad (Ferdiansyah 25'), Ronaldo Kwateh.

Korea Selatan: Lee Seung-hwan, Ahn Jae-min, Hong Wook-hyun, Lee Seun-gwon, Kang Seong-jin, Hwang Do-yun, Kang Min-jae, Shin Kyu-won, Jung Jong-hun, Park Hyun-bin,Yu Seung-hyeon.

(pur/krs)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT