ADVERTISEMENT

Latihan di Jakarta, Timnas U-23 Proyeksi SEA Games Dilatih Bima Sakti

Muhammad Robbani - Sepakbola
Sabtu, 09 Apr 2022 11:30 WIB
Timnas U-23
Foto: (dok PSSI)
Jakarta -

Timnas Indonesia U-23 untuk sementara dilatih Bima Sakti dalam latihan di Jakarta sebelum berangkat ke Korea. Para asisten pelatih lokal juga ikut membantu.

Para pemain Timnas U-23 sudah dikumpulkan di Jakarta sejak, Rabu (6/4/2022). Kemudian latihan perdana pun digelar di Stadion Madya, Jakarta, Kamis (7/4).

Dalam latihan tersebut pelatih Bima Sakti memimpin latihan sementara Garuda Muda. Bima Sakti dibantu para asistennya di tim U-16 Indonesia, seperti Indriyanto Nugroho, Firmansyah dan Markus Horison.

Bima Sakti dan para pelatih lokal ditugaskan sementara waktu. Sebab, Shin Tae-yong beserta jajaran asistennya sedang berada di Korea untuk memimpin Pemusatan Latihan (TC) Timnas Indonesia U-19.

Shin Tae-yong memanggil 29 pemain untuk pemusatan latihan Tim U-23 Indonesia kali ini. Namun belum bergabung semua ke skuad.

Mereka yang belum bergabung adalah pemain di luar negeri. Yakni Witan Sulaeman (FK Senica), Elkan Baggott (Ipswich Town), Egy Maulana Vikri (FK Senica), Pratama Arhan (Tokyo Verdy), dan Saddil Ramdani (Sabah FC).

Sementara Marselino Ferdinan dan Ronaldo Kwateh sudah berada di Korea. Keduanya saat ini juga menjadi bagian dari Timnas U-19.

"Saya berkoordinasi dengan coach Shin lewat coach Nova juga bahwasannya hari ini (kemarin) adalah latihan pertama mereka setelah mereka selesai berkompetisi, jadi ini masa transisi mereka. Coach Shin juga memberikan jadwal sore, dan malam gym," kata Bima Sakti, dikutip dari laman federasi.

"Latihannya hari pertama lebih banyak soal passing, coach Shin selalu bilang ke kami, perbaiki passing mereka. Terus ada rondo, kemudian ada small game, coaching point-nya masalah transisi, karena itu yang difokuskan coach Shin," ujarnya menambahkan.

Rencananya, Timnas U-23 menjalani latihan di Jakarta sampai tanggal 12 April mendatang. Setelah itu bertolak ke Korea untuk menjalani pemusatan latihan lanjutan.

Pengembalian fisik pun menjadi fokus utama setelah mayoritas pemain berlibur pasca berakhirnya BRI Liga 1 2021. Meski sebenarnya kompetisi belum selesai terlalu lama, tepatnya pada akhir Maret lalu.

"Setelah satu Minggu (kompetisi selesai), seharusnya mereka istirahat, tapi mereka harus fokus lagi," tutur Bima Sakti.

"Karena harus bertanding di SEA Games 2021 bulan depan, jadi paling tidak mengembalikan kondisi fisik mereka. Oleh sebab itu, nanti malam ada gym, dan materi latihan sudah disampaikan oleh coach Shin," ucapnya.

(aff/bay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT