Merasakan Sensasi Kemegahan Jakarta International Stadium

ADVERTISEMENT

Merasakan Sensasi Kemegahan Jakarta International Stadium

Muhammad Robbani - Sepakbola
Kamis, 14 Apr 2022 08:20 WIB
Jakarta International Stadium telah dibuka untuk event International Youth Championship (IYC) mulai Rabu, 13 April 2022.
Menyaksikan langsung pertandingan di Jakarta International Stadium. (Foto: Muhammad Robbani/detikcom)
Jakarta -

Jakarta International Stadium telah dibuka untuk event International Youth Championship (IYC) 2022. Stadion berkapasitas 82 ribu penonton ini begitu megah.

IYC menjadi ajang pertama yang digelar di JIS setelah stadion ini selesai dibangun. Ada empat tim yang tampil di IYC yakni Indonesia All Star U-20, Bali United U-18, Atletico Madrid U-18, dan Barcelona U-18.

Pertandingan pembuka telah digelar dengan mempertemukan Bali United Vs Atletico Madrid, Rabu (13/4/2022), sore, WIB. Malam harinya berlangsung laga Indonesia All Star melawan Barcelona, yang dihadiri detikSport.

Jakarta International Stadium telah dibuka untuk event International Youth Championship (IYC) mulai Rabu 13 April 2022.Jakarta International Stadium dari luar penuh cahaya. (Foto: Muhammad Robbani/detikcom)

Kemilau Jakarta International Stadium sudah terlihat dari kejauhan di jalan raya. Perisai bagian luar JIS (facade) menggunakan pencahayaan LED sehingga bisa menyala warna-warni.

Setelah tiba di JIS, jurnalis perlu menaiki tangga dari lantai 1 ke lantai 2 untuk masuk ke ruang media yang menjadi tempat bekerja. Untuk masuk ke tribune media, jurnalis perlu menaiki 1 lantai lagi ke lantai 3 dengan menggunakan lift. Tak ada tangga untuk ke lantai 3.

Aura kemegahan JIS langsung terasa ketika berjalan masuk ke tribune dari lorong stadion. Begitu sampai di tribune, terhampar bangunan super tinggi Stadion JIS.

Suasana riuh penonton juga tersaji karena memang ajang IYC mengizinkan kehadiran orang dengan jumlah terbatas. Panitia menyebar 2500 penonton undangan per pertandingan.

Jarak pandang dari tribune ke lapangan menjadi salah satu kelebihan Stadion JIS. Karena tak ada lintasan lari yang biasanya menjadi paketan di mayoritas stadion-stadion Indonesia.

Stadion JIS memang masuk kategori soccer specific stadium sehingga memberikan sensasi menonton yang berbeda buat penonton yang hadir. Sebagai contoh, jarak antara tribune media yang terletak di lantai 3 ke lapangan, pun tak terasa jauh.

Gerak-gerik pemain dalam kondisi dengan dan tanpa bola terlihat begitu jelas. Begitu juga dengan instruksi pelatih kepada para pemainnya dari bench pemain.

Hal semacam ini yang tak bisa dirasakan penonton di mayoritas stadion Indonesia, kecuali jika membeli tiket VIP. Tapi tiket VIP juga bukan jaminan, misalnya tribune VIP SUGBK yang jaraknya ke lapangan tetap jauh.

Bicara interior, stadion ini menggunakan kursi single-seat berwarna oranye di hampir seluruh sudut stadion. Makin ke atas, warna oranye semakin memudar untuk menciptakan gradasi warna.

Jakarta International Stadium telah dibuka untuk event International Youth Championship (IYC) mulai Rabu, 13 April 2022.Kursi penonton Jakarta International Stadium didominasi warna oranye. (Foto: Muhammad Robbani/detikcom)

Atap stadion ini menggunakan retractable roof yang memayungi seluruh bagian tribune. Karena retractable roof, atap ini bisa dibuka-tutup untuk jaga-jaga saat hujan atau cuaca ekstrem saat event sedang dilakukan.

Ada juga dua big screen berukuran jumbo di dua sudut stadion. Kedua layar ini berukuran 15 X 30 meter yang bisa untuk menyajikan skor hingga video.

Permukaan lapangannya menggunakan teknologi hybrid yang mencampurkan rumput alami dan rumput sintetis. Meski pertumbuhannya belum sempurna karena stadion memang belum lama rampung.

Stadion JIS benar-benar mengambil alih status SUGBK sebagai stadion terbaik dan terbesar di Indonesia. Tak sabar rasanya menantikan event sesungguhnya dimana pertandingan kelah wahid digelar di Jakarta International Stadium dengan kehadiran full penonton.

(bay/mrp)

ADVERTISEMENT