Persija Minta PT LIB Verifikasi Stadion JIS

Muhammad Robbani - Sepakbola
Selasa, 26 Apr 2022 11:20 WIB
PT Jakarta Propertindo (JakPro) mengungkap progres pembangunan Jakarta International Stadium (JIS). Pembangunan stadion tersebut telah mencapai 98%.
PErsija ingin JIS diverifikasi PT LIB. (Foto: detikcom/Rifkianto Nugroho)
Jakarta -

Persija Jakarta meminta PT Liga Indonesia Baru untuk memverifikasi Jakarta International Stadium (JIS). Stadion baru itu rencananya akan digunakan Macan Kemayoran di Liga 1 2022.

Kabar ini diungkapkan oleh Direktur Operasional PT Liga Indonesia Baru (Sudjarno). Stadion JIS menjadi salah satu venue yang bisa menjadi opsi untuk digunakan Persija pada musim mendatang.

Kebetulan stadion baru ini memang baru saja rampung pembangunannya. Belum lama ini Stadion JIS juga sudah dibuka dengan turnamen International Youth Championship (IYC) 2022.

"Salah satu yang minta diverifikasi sudah ajukan JIS. Persija secara resmi minta untuk memverifikasi saja. Sementara mereka minta stadion itu diverifikasi," kata Sudjarno saat ditemui wartawan di kantornya, Senin (25/4/2022).

Persija memang sudah lama menantikan rampungnya pembangunan Stadion JIS. Terlebih stadion berkapasitas 82 ribu penonton itu memang dijanjikan akan menjadikan Persija sebagai prioritas penggunanya.

Dengan segala kelebihannya, Stadion JIS kemungkinan besar akan lolos verifikasi PT LIB. Selain menggunakan berbagai teknologi terkini, Stadion JIS juga menggeser status Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) sebagai stadion terbesar dan terbaik di Indonesia.

Hanya saja, dijelaskan Sudjarno, bahwa permintaan Persija saat ini masih sebatas verifikasi. Stadion JIS belum resmi didaftarkan Persija sebagai kandangnya musim depan.

Selain itu Sudjarno juga meminta klub-klub lainnya untuk segera melakukan hal serupa seperti Persija. Utamanya klub promosi seperti Rans Cilegon dan Martapura Dewa United yang belum punya kandang tetap.

"Ketika home base sudah ditentukan, nanti kami akan melakukan verifikasi. Untuk sejauh ini belum ada yang mengajukannya," ujar Sudjarno.

Adapun Liga 1 2022 rencananya akan digulirkan mulai 27 Juli dengan diawali turnamen pramusim. PT LIB juga mau menghadirkan 100 persen penonton sesuai kapasitas stadion dengan syarat utama sudah booster vaksin COVID-19.

(cas/krs)