Asnawi-Elkan Datang, Indonesia Bisa Lebih Kuat

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Sabtu, 07 Mei 2022 00:05 WIB
Elkan Baggott
Kehadiran Elkan Baggott dan Asnawi Mangkualam dinantikan di SEA Games 2021 (Dok. PSSI)
Hanoi -

Timnas Indonesia U-23 mengawali SEA Games 2021 dengan kekalahan. Oleh karenanya, kehadiran Asnawi Mangkualam dan Elkan Baggott begitu dinantikan.

Indonesia memang tampil tanpa keduanya kala menghadapi tuan rumah Vietnam di Viet Tri Stadium, Phu Tho, Jumat (6/5/2022) malam WIB. Indonesia mampu mengimbangi Vietnam di babak pertama.

Meski demikian, tak ada peluang berbahaya dibuat oleh para pemain Indonesia. Hingga akhirnya pada menit ke-54, Nguyen Tien Linh membuka skor untuk Vietnam sebelum ditambah Dung Do Hung di menit ke-73, dan Le Van Do di menit ke-87.

Indonesia kalah 0-3 dan tentunya jadi awal yang tak menyenangkan untuk mereka. Sebab, persaingan di grup terbilang sengit karena Filipina di saat bersamaan menang 4-0.

Dengan selisih gol jadi penentu kelolosan tim ke semifinal, maka Indonesia harus menang dengan skor besar di tiga pertandingan setelahnya menghadapi Timor Leste, Filipina, dan Myanmar.

Indonesia memang tidak tampil full team di laga perdana ini setelah kapten tim Asnawi dan bek Elkan harus absen. Keduanya belum diberikan izin memperkuat Indonesia di laga awal SEA Games.

Namun, Asnawi Mangkualam dan Elkan Baggott direncanakan tampil saat Indonesia melakoni laga kedua kontra Timor Leste, Selasa (10/5) mendatang. Kehadiran keduanya dinilai bisa bikin Skuat Garuda lebih menggigit.

"Untuk Asnawi akan datang ke Vietnam setelah pertandingan tanggal 7, jadi tidak ada masalah. Elkan, jika pertandingan di Inggris selesai, maka dia akan datang ke tim kami. Jadi dengan dua pemain ini datang, maka tim akan jadi lebih kuat," ujar Shin Tae-yong usai pertandingan.

(mrp/adp)