Indonesia Vs Filipina: Menanti Ledakan Egy Maulana Vikri

Muhammad Robbani - Sepakbola
Jumat, 13 Mei 2022 14:20 WIB
Egy Maulana Vikri
Indonesia Vs Filipina: Menanti Ledakan Egy Maulana Vikri (Foto: dok PSSI)
Jakarta -

Egy Maulana Vikri janji tak mengulang kesalahan lagi. Ia memastikan akan mengikuti instruksi dan arahan Shin Tae-yong saat Timnas Indonesia U-23 jumpa Filipina di lanjutan SEA Games 2021.

Pemain FK Senica itu sebelumnya dinilai tampil mengecewakan saat Timnas U-23 jumpa Timor Leste, Selasa (10/5/2022). Egy pun cuma bermain 45 menit karena ditarik keluar pada awal babak kedua.

Saat itu Egy banyak membuang peluang meski ia sebenarnya mencetak gol pembuka buat Timnas U-23. Setidaknya ada dua peluang emas lainnya yang ia sia-siakan.

Pesepak bola Timnas Indonesia Egy Maulana Vikri (kiri) berselebrasi usai menjebol gawang Timnas Timor Leste dalam laga lanjutan Grup A Sepak Bola SEA Games 2021 Vietnam didi Stadion Viet Tri, Phu Tho, Vietnam, Selasa (10/5/2022).ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/rwa.Pesepak bola Timnas Indonesia Egy Maulana Vikri (kiri) berselebrasi usai menjebol gawang Timnas Timor Leste (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Egy Maulana Vikri sadar ia merupakan pemain penting di Timnas Indonesia. Karena itu, ia bertekad untuk memperbaiki penampilannya dengan tak mengulang kesalahan yang sama.

"Bagi saya, itu adalah satu di antara taktik pelatih. Saya juga harus mengikutinya karena saya juga harus menjaga diri saya," kata Egy, dikutip dari laman PSSI.

Selanjutnya, Timnas U-23 akan jumpa Filipina pada laga ketiga fase grup SEA Games 2021, Jumat (13/5). Laga ini penting buat Timnas U-23 untuk dimenangi demi menjaga asa lolos dari grup.

Saat ini Timnas U-23 masih tertahan di peringkat keempat dengan torehan tiga poin. Mereka masih berjarak tiga poin dengan Myanmar di puncak klasemen serta Filipina dan Vietnam yang masing-masing menempati peringkat kedua dan ketiga dengan raihan 4 angka.

Tak cuma kalah perolehan poin, Timnas U-23 juga kalah selisih gol dengan tim-tim di atas mereka. Myanmar punya selisih 2 gol, sementara Filipina dan Vietnam punya selisih 2 gol. Sementara Timnas U-23 selisih golnya 0 karena mencetak 4 gol dan kebobolan 4 gol.

Selisih gol ini terbilang penting andai pada akhir fase grup jumlah poin yang dikumpulkan Timnas U-23 seimbang dengan tim lain. Jika itu terjadi, maka penentuan peringkat akan mengacu ke tim yang punya selisih gol lebih baik.

Tak cuma kalah perolehan poin, Timnas U-23 juga kalah selisih gol dengan tim-tim di atas mereka. Myanmar punya selisih 2 gol, sementara Filipina dan Vietnam punya selisih 2 gol. Sementara Timnas U-23 selisih golnya 0 karena mencetak 4 gol dan kebobolan 4 gol.

"Kami fokus ke tim sendiri bagaimana agar kita dapat bermain sebaik mungkin dan mengalahkan Filipina. Kami harus bermain lebih fokus, jangan mengulangi kesalahan dan konsentrasi," ujar Egy Maulana Vikri.

"Masih banyak pertandingan ke depan. Apalagi dalam dua partai terakhir di babak penyisihan, kami harus menang. Jadi, saya harus selalu bugar dan beberapa teman juga sudah mulai bugar karena mendapatkan istirahat karena ada yang bermain full dan tidak full," ucap pemain FK Senica itu.

(aff/krs)