Shin Tae-yong: SEA Games Beda dengan Piala AFF

Muhammad Robbani - Sepakbola
Rabu, 18 Mei 2022 16:40 WIB
Asnawi Mangkualam of Indonesia, right, controls the ball as Bordin Phala of Thailand looks on during the AFF Suzuki Cup 2020 final first leg soccer match between Indonesia and Thailand in Singapore, Wednesday, Dec. 29, 2021. (AP Photo/Suhaimi Abdullah)
Indonesia lawan Thailand di final Piala AFF. Foto: Suhaimi Abdullah/AP
Jakarta -

Shin Tae-yong menilai SEA Games 2021 adalah ajang yang berbeda dengan Piala AFF 2020. Di semifinal SEA Games 2021, Timnas Indonesia U-23 akan jumpa Thailand yang sebelumnya dihadapi di final AFF Cup.

Timnas U-23 akan melawan Thailand di Stadion Thien Truong, Nam Dinh, Vietnam, Kamis (19/5/2022). Laga semifinal ini dikait-kaitkan dengan ulangan final Piala AFF.

Sebagaimana diketahui, Timnas Indonesia memang menghadapi Thailand pada partai puncak Piala AFF. Tak pelak, laga semifinal SEA Games layaknya pertemuan kedua bagi Indonesia dan Thailand.

Sudah begitu, kedua tim juga masih ditangani pelatih yang sama. Indonesia dipimpin Shin Tae-yong, sementara Thailand ditangani Alexandre Mano Polking

Tapi Shin Tae-yong punya pendapat berbeda. Dia menyebut bahwa pertemuan timnya dengan Thailand tak ada hubungannya dengan Piala AFF.

"Kami memang kalah oleh Thailand di Final Piala AFF 2020, tetapi situasi kali ini berbeda. Ini turnamen untuk tim U-23 dan kami sudah melakukan persiapan yang cukup baik untuk melawan Thailand," kata Shin Tae-yong saat memberikan pernyataan, Rabu (18/5).

"Saya sudah punya pengalaman di Piala AFF dan ini pertama kali di SEA Games. Thailand, Vietnam, dan Indonesia selalu menjadi saingan," ujarnya menambahkan.

Timnas U-23 lolos ke babak semifinal SEA Games 2021 sebagai runner up Grup A. Garuda Muda mendampingi Vietnam yang menjadi juara grup A.

Sementara Thailand berstatus sebagai juara Grup B dengan 9 poin. Mereka unggul atas Malaysia di peringkat kedua dengan raihan 8 angka.

Sementara itu, pertemuan Indonesia dan Thailand akan menjadi yang ke-23 kali di ajang SEA Games. Thailand dominan dengan catatan 15 kali menang, dua kali imbang, dan lima kali kalah.

(krs/nds)