Timnas Indonesia U-23 Gagal Lagi di SEA Games, Salah Siapa?

Randy Prasatya - Sepakbola
Minggu, 22 Mei 2022 03:01 WIB
Pesepak bola Timnas Indonesia Rachmat Irianto (tengah) berebut bola dengan pesepak bola Timnas Thailand Airfan Doloh (kanan) dalam pertandingan semifinal sepak bola SEA Games 2021 Vietnam di Stadion Thien Truong, Nam Dinh, Vietnam, Kamis (19/5/2022). ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/tom.
Timnas Indonesia U-23 gagal meraih medali emas di SEA Games 2021. (Foto: ANTARA FOTO/ADITYA PRADANA PUTRA)
Jakarta -

Indonesia kembali gagal meraih medali emas di SEA Games. Ini memperpanjang puasa tim sepakbola, yang terakhir mendapatkannya pada 1991 pada SEA Games Filipina.

Kegagalan ini harus menjadi tanggung jawab semua pihak yang terlibat dalam sepakbola. Klub sebagai pembina pemain sekaligus juga voters di setiap pemilihan pengurus PSSI dari tingkat terbawah sampai tingkat teratas memiliki peran penting dalam meningkatkan prestasi persepakbolaan nasional.

Setiap voters berkewajiban memilih orang-orang yang paling tepat untuk duduk sebagai pengurus dan benar-benar siap mengurus persepakbolaan di tingkatnya masing-masing. Bukan pengurus asal nama dan mencari nama.

"Voters dan klub ikut menentukan arah persepakbolaan melalui orang-orang yang dipercaya bisa mengemban amanat dan bisa melakukan langkah-langkah strategis dan terencana untuk mendapatkan pemain-pemain berkualitas melalui klub-klub itu sendiri," kata Taufik Jursal Effendi selaku dari CEO Jakarta Barat, yang bernaung di Asprov PSSI DKI Jakarta.

Ketua yang baik tentulah ketua yang bisa mengajak anggota-anggota dan klub di bawahnya ikut menyampaikan gagasan pembinaan, strategi, dan pola pembinaan, meningkatkan kualitas kompetisi, menjaga kesinambungan kompetisi demi tercapainya prestasi optimal.

"Dalam kaitan ini dan menjelang Kongres Asosiasi Provinsi DKI Jakarta, 3 Juni 2022, penting setiap klub bersatu memilih calon pemimpin yang benar-benar siap membawa perubahan bagi arah pembinaan sepakbola di Ibukota sebagai tolok ukur bagi pembinaan sepakbola di tingkat nasional."

Sejauh ini, sedikitnya 18 klub di Jakarta, menegaskan sikapnya untuk memilih Drs HE Syahrial MM, anggota DPRD DKI Jakarta, yang juga ikut membina sepakbola di Persija Barat FC.

Berkas pencalonan Syahrial telah disampaikan kepada Komite Pemilihan (KP), lengkap dengan calon wakil ketika dan 5 orang calon Exco, Jumat, 20 Mei 2021. Berkas diterima langsung Alfred Simanjuntak SH selaku ketua KP bersama jajarannya.



Simak Video "Perolehan Medali SEA Games 2021, Indonesia di Posisi 4 Geser Filipina"
[Gambas:Video 20detik]
(ran/bay)