Cuma Bambang Pamungkas yang Pernah Jebol Kuwait di Kandangnya

ADVERTISEMENT

Cuma Bambang Pamungkas yang Pernah Jebol Kuwait di Kandangnya

Muhammad Robbani - Sepakbola
Rabu, 08 Jun 2022 16:40 WIB
Indonesias Bambang Pamungkas celebrates his teams third goal against Myanmar during the AFF Suzuki Cup football match in Jakarta on December 5, 2008. Indonesia won 3-0. AFP PHOTO/ADEK BERRY (Photo credit should read ADEK BERRY/AFP via Getty Images)
Bambang Pamungkas (Foto: AFP via Getty Images/ADEK BERRY)
Jakarta -

Bambang Pamungkas adalah pemain Timnas Indonesia pertama dan terakhir yang pernah mencetak gol di kandang Kuwait. Itu terjadi pada November 2009, 12 tahun lalu.

Timnas Indonesia terhitung jarang bertemu dengan Kuwait di berbagai ajang. Kedua negara beda zona Asia itu total cuma berhadapan sebanyak enam kali sejak pertama jumpa pada 1980.

Pertemuan terjadi pada ajang-ajang seperti Turnamen Merdeka Malaysia 1980, Asian Games 1986, Kualifikasi Piala Asia pada 1996, 2000, dan 2009.

Pada Kualifikasi Piala Asia 2011, Timnas Indonesia satu grup bersama Kuwait bersama Australia dan Oman. Dengan sistem double round-robin, Timnas Indonesia dan Kuwait bertemu Kuwait dua kali.

Pertemuan pertama terjadi di Stadion Al Kuwait Sports Club pada 14 November 2009. Kuwait keluar sebagai pemenangnya dengan skor 2-1.

Meski begitu, Timnas Indonesia sempat membuat kejutan lewat gol pembuka Bambang Pamungkas pada menit ke-33. Bepe, sapaannya, menyambut tendangan sudut Ismed Sofyan dengan melakukan lompatan tinggi untuk menjebol gawang Kuwait yang dijaga Nawaf Al Khaldy.

Kuwait pada akhirnya menang dramatis lewat dua gol balasan yang mereka cetak pada babak kedua. Bader Al Mutawa menjadi mimpi buruk Garuda lewat dua gol yang dicetaknya.

Sejak saat itu, Timnas Indonesia belum pernah berkesempatan menghadapi Kuwait lagi di kandang mereka. Bepe menjadi pemain pertama dan terakhir yang membobol gawang Kuwait di kandang mereka.

Adapun kedua negara kembali bertemu pada pertemuan kedua Kualifikasi Piala Asia 2011. Kali ini giliran Timnas Indonesia yang menjamu Kuwait di Stadion Gelora Bung Karno, yang berakhir imbang 1-1.

Kini Timnas Indonesia akan jumpa Kuwait lagi di kandangnya pada Kualifikasi Piala Asia 2023, Rabu (8/6/2022). Kali ini laga akan digelar di Jaber Al-Ahmad International Stadium.

(aff/adp)

ADVERTISEMENT