Super Irianto!

ADVERTISEMENT

Super Irianto!

Putra Rusdi K - Sepakbola
Kamis, 09 Jun 2022 03:03 WIB
Kuwait City -

Rachmat Irianto menjadi sosok kunci di balik kemenangan Indonesia atas Kuwait 2-1. Ia berperan dalam dua gol Tim Garuda dan tampil solid sepanjang 90 menit.

Indonesia berhasil meraih kemenangan 2-1 atas Kuwait yang bermain di kandang mereka, Stadion Jaber Al Ahmad pada laga grup A Kualifikasi Piala Asia 2023, Rabu (8/6/2022) malam WIB. Tim Garuda menang usai bangkit setelah tertinggal lebih dulu dari gol Yousef Al Sulaiman pada menit ke-40.

Rachmat Irianto jadi sosok penting atas comeback Indonesia atas Kuwait ini. Gol penyama kedudukan Indonesia bermula dari pergerakan pemain Persib Bandung ini.

Menusuk hingga kotak penalti, Irianto dijatuhkan oleh kiper Kuwait Fahad Al Reshidi hingga wasit menunjuk titik putih. Marc Klok yang maju sebagai eksekutor menjalankan tugasnya dengan baik untuk mengecoh Fahad di menit akhir babak pertama.

Selepas jeda, Irianto mencatatkan namanya di papan skor untuk membawa Indonesia balik memimpin. Kombinasinya dengan Witan Sulaeman menghadirkan kemelut di depan gawang Kuwait.

Sepakan Witan bisa diblok bek Kuwait. Bola liar langsung disambar Irianto menjadi gol.

Irianto memang tampil luar biasa sepanjang 90 menit. Pada laga ini, pemain 22 tahun ini dimainkan sebagai starter di posisi bek kanan yang bukan posisi alaminya.

Irianto yang biasanya bermain sebagai gelandang bertahan mengisi tempat Asnawi Mangkualam yang dicadangkan. Meski demikian, mantan pemain Persebaya Surabaya ini sama sekali tak canggung.

Selain aktif dalam menyerang hingga berperan dalam dua gol Indonesia, ia juga solid dalam bertahan. Dari data lapangbola.com, Irianto hanya bikin satu pelanggaran dan mencatatkan 13 umpan sukses.

Ia sempat mengirim umpan tarik terukur ke Saddil Ramdani di babak kedua. Namun, tembakan Saddil di depan gawang bisa diblok oleh bek Kuwait.

Di laga ini, Irianto juga sempat bermain di bek kiri usai perubahan posisi terjadi akibat masukanya Asnawi dan Alfeandra Dewangga menggantikan Elkan Baggot dan Pratama Arhan. Irianto juga tampil apik menempati sektor Arhan ini hingga laga tuntas untuk menjaga keunggulan Tim Merah Putih.

(pur/nds)