ADVERTISEMENT

Kualifikasi Piala Asia 2023: Menghitung Peluang Lolos Timnas Indonesia

Muhammad Robbani - Sepakbola
Senin, 13 Jun 2022 15:34 WIB
Selebrasi Rachmat Irianto (kedua dari kiri) bersama pemain Timnas Indonesia.
Foto: pssi.org
Jakarta -

Indonesia wajib menang di laga terakhir grup demi menjaga peluang lolos ke Piala Asia 2023. Tapi kemenangan pun bisa jadi belum cukup. Bagaimana peluangnya?

Saat ini timnas Indonesia berada di posisi kedua klasemen kualifikasi Piala Asia 2023 di Grup A dengan raihan 3 poin, setara Kuwait di posisi ketiga -- Indonesia unggul head to head atas Kuwait.

Ada Yordania di posisi teratas dengan 6 poin. Sementara Nepal belum bisa meraih satu angka pun dan menjadi juru kunci klasemen.

Klasemen Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023Klasemen Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023. Foto: dok. AFC

Dengan situasi tersebut, di partai terakhir Indonesia akan berhadapan dengan Nepal. Sementara Yordania akan berduel dengan Kuwait.

Jika Indonesia menang dari Nepal dan Kuwait menang atas Yordania, ketiga tim akan sama-sama punya 6 poin. Kelolosan bakal ditentukan rincian hasil pertandingan, termasuk aspek gol, dalam partai-partai yang melibatkan Yordania, Kuwait, dan Indonesia.

Satu hal yang pasti, Indonesia wajib menang atas Nepal dengan mencetak gol sebanyak-banyaknya demi menguak peluang. Bukan apa-apa, kemenangan atas Nepal pun tak otomatis menjamin kelolosan.

Itu dikarenakan saat ini Indonesia masih berada pada urutan terbawah di antara klasemen tim-tim runner-up grup lain. Thailand, Kirgistan, dan India bahkan sudah meraih 6 poin karena menang di dua laga.

Lalu ada Filipina di urutan keempat dengan empat poin, dan Malaysia di tempat kelima dengan tiga angka tapi unggul selisih gol yakni 4-3 (+1).

Jika timnas Indonesia tak bisa menang besar atas Nepal, masih ada harapan lolos asalkan Filipina atau Malaysia tidak meraih kemenangan pada laga terakhir mereka masing-masing.

Dari 11 tiket tersisa ke Piala Asia, enam di antaranya akan didapatkan oleh keenam juara masing-masing grup. Lima tiket sisa diraih runner-up. Artinya ada 1 tim runner-up yang tersingkir.

Jadi, terlepas dari hasil di laga-laga lain, satu hal yang menjadi harga mati bagi Indonesia adalah menang atas Nepal sekaligus mencetak gol sebanyak-banyaknya. Hal itu paling tidak akan menjadi modal awal dalam usaha menjaga asa lolos ke Piala Asia 2023, karena kemenangan pun belum menjamin kelolosan.

(krs/cas)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT