Nusantara Open 2022 Diikuti Akademi dari Liga 1

ADVERTISEMENT

Nusantara Open 2022 Diikuti Akademi dari Liga 1

Randy Prasatya - Sepakbola
Minggu, 19 Jun 2022 23:30 WIB
Nusantara Open, Piala Gubernur
Foto: Istimewa
Jakarta -

Nusantara Open 2022 akan berlangsung pada Juli nanti. Ajang ini melibatkan beberapa akademi dari klub Liga 1.

Beberapa pekan lalu, Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto, mengungkapkan keinginannya membeli klub sepakbola dan membangun generasi sepakbola melalui akademi berstandar internasional.

Untuk mewujudkan rencana besarnya, Prabowo Subianto, akan mengadakan Sebuah Turnamen Berstandar Internasional yang melibatkan 16 Akademi Terbaik di Indonesia, bernama Nusantara Open 2022: Piala Prabowo Subianto, yang rencananya diselenggarakan di Stadion Pakansari, pertengahan Juli 2022 nanti.

Event Nasional ini melibatkan beberapa Akademi klub Liga 1, seperti Persija Jakarta, Persib Bandung, Borneo, PSM Makassar, PSS Sleman, serta akademi lain di Indonesia.

Melalui wawancara singkat, Ketua Umum Pelaksana Nusantara Open 2022, Aji Bintara, menjelaskan visi besar dan perbedaan Nusantara Open 2022 dengan kejuaraan lain

"Nusantara Open 2022, adalah pengejewantahan visi Pak Prabowo untuk Mencetak Generasi Emas Pesepakbola Indonesia, di mana kejuaraan ini dilakukan untuk mencari talenta terbaik (U16), untuk kemudian diberikan beasiswa berlatih di Akademi Nusantara, yang di prakarsai oleh beliau."

"Perbedaan Nusantara Open 2022 dengan kejuaraan lain adalah kami melibatkan partisipasi Akademi terbaik di Indonesia, dan merupakan turnamen pertama yang menggunakan Metode Scouting Terintegrasi menggunakan Analisis Big Data Sepakbola.

Jadi, pemain yang terpilih mendapatkan beasiswa nanti, merupakan terbaik diantara yang terbaik (top talent).

Lalu, Talenta-talenta ini akan kami bina dengan model pelatihan berstandar Eropa, dengan Pelatih, Fasilitas, standar Gizi, dan Kurikulum berstandar Eropa selama 2-3 tahun, sampai mereka siap berkompetisi di Liga Eropa dan Liga Top Asia.

Kami tentu akan sinkronisasikan visi misi kami dengan visi misi PSSI sebagai induk olahraga di Indonesia, karena program ini akan menjadi kawah candradimuka Generasi Emas Sepakbola Indonesia dalam 5-6 tahun mendatang".



Simak Video "Suporter PSM Makassar Gelar Aksi Bakar Lilin untuk Tragedi Kanjuruhan"
[Gambas:Video 20detik]
(ran/ran)

ADVERTISEMENT