ADVERTISEMENT

Israel Pastikan 1 Tiket ke Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia

Muhammad Robbani - Sepakbola
Minggu, 26 Jun 2022 15:00 WIB
logo piala dunia u-20 2021 pssi
Israel pastikan satu tiket ke Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia. (Foto: Twitter @PSSI)
Jakarta -

Israel memastikan 1 tempat di Piala Dunia U-20 2023 yang akan digelar di Indonesia. Hal ini diraih berkat menjadi runner up fase grup dalam gelaran Euro U-19 2022.

Pada laga terakhir Grup B Euro U-19, Israel sebenarnya kalah 0-1 dari Inggris, Sabtu (25/6/2022). Gol semata Inggris dicetak oleh Liam Rory Delap, putra dari Rory Delap.

Tapi Dewi Fortuna memihak ke Israel karena saingan mereka yakni Serbia malah kalah di pertandingan terakhir. Serbia dikalahkan Austria dengan skor 2-3 dalam laga terakhir Grup B lainnya.

Alhasil Israel tetap di posisi kedua Grup B dengan torehan 4 poin. Sementara Serbia yang sempat berpotensi menyalip Israel, malah tergusur Austria (3 poin) ke peringkat buncit dengan hanya meraih 1 angka saja.

Selain meraih 1 tiket Piala Dunia U-20, Israel juga masih berpotensi berbicara lebih di Euro U-19. Sebagai runner up fase grup, mereka berhak melaju ke babak semifinal dan akan menghadapi Prancis pada babak itu, Selasa (28/6).

Kepastian Israel meraih tiket Piala Dunia U-20 menjadi polemik di Indonesia. Apalagi kedua negara tak punya hubungan diplomatik, dengan Indonesia lebih condong mendukung kemerdekaan Palestina.

Adapun PSSI maupun pemerintah sudah menegaskan bahwa Israel akan diterima kedatangannya. Pemerintah sudah jauh-jauh hari mengantisipasi potensi lolosnya Israel ke Piala Dunia U-20 mendatang.

"Soal Israel, saya rasa sudah ada tanda tangan agreement dengan pemerintah tahun lalu, siapapun yang ikut bisa datang," kata Iriawan, di sela-sela latihan Timnas Indonesia U-19 di Stadion Madya, Jakarta, Kamis (23/6).

"Ini sepakbola, jadi nggak ada masalah. Israel tetap akan kami akomodir. Itu terakhir kami rapat dengan pemerintah pada tahun lalu berkaitan Israel," ujarnya menambahkan.

"Ya dia (Israel) tetap bisa datang bermain dan itu sudah kami bahas dari 2019, semua negara yang lolos menjadi peserta kami akan persilakan bermain," tutur Menpora Zainudin Amali, di kesempatan terpisah.

"Olahraga tidak ada urusan dengan politik. Itu FIFA sudah menyampaikan siapa yang lolos harus bisa main," ucapnya.



Simak Video "Tak Ada Opening & Closing Ceremony Meriah di Piala Dunia U-20 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(cas/rin)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT