ADVERTISEMENT

Pesepakbola Putri RI Zahra Muzdalifah ke Klub Inggris

Muhammad Robbani - Sepakbola
Rabu, 29 Jun 2022 14:20 WIB
Pemain sepakbola wanita Zahra Muzdalifah siap berangkat ke klub Inggris South Shields. Di sana, pemain Timnas Putri Indonesia itu akan trial dan latihan.
Zahra Muzdalifah. Foto: Muhammad Robbani/detikcom
Jakarta -

Pesepakbola wanita Zahra Muzdalifah akan segera berangkat ke klub Inggris South Shields dalam waktu dekat. Di sana, pemain Timnas Putri Indonesia itu akan latihan dan trial.

Rencananya, Zahra akan berangkat ke Inggris pada hari Jumat (1/7/2022). Adapun pihak South Shields akan memberikan kesempatan kepada Zahra untuk trial sekaligus berlatih selama 16 pekan.

Segala pembiayaan kehidupan Zahra di sana disponsori oleh Asiana Soccer School, Sekolah Sepakbola (SSB), tempat sang pemain bernaung. Asiana Soccer School berharap Zahra bisa menjadi role model pemain sepakbola wanita Indonesia.

Kesempatan yang didapat Zahra ini juga tak terlepas dari kerja sama antara Asiana Soccer School dengan South Shields. Klub Inggris kebetulan memang sedang membangun sepakbola wanitanya dan mencari pemain asing.

"Saya bangga bahwa setelah sekian lama, mungkin (Zahra) yang pertama ada atlet dari Indonesia akan berlatih di Inggris di South Shields yang terletak di Utara Timur dari Inggris," kata Presiden Direktur Asiana Soccer School Galih Kartasasmita, saat memberikan keterangan pers, Rabu (29/6).

"Kita Indonesia ini tempat dimana potensinya belum tergarap full, masih jauh. Kebetulan South Shields mau menjadi klub pertama yang menampung pemain kita, pemain internasional di luar Eropa," ujarnya.

"Zahra akan dijadikan model dalam mengambil talenta lain. Dia membawa nama besar merah-putih, berarti membawa nama kami juga Asiana. Untuk sementara trial training. Berangkat tanggal 1 pagi, tur sedikit langsung latihan karena ingin mengejar pre-season," katanya lagi.

Zahra Muzdalifah Termotivasi untuk Tingkatkan Kemampuan Diri

Adapun Zahra mengaku sangat termotivasi untuk bisa menjadi pemain wanita Indonesia yang sukses di luar negeri. Dijelaskannya, kesempatan ini akan menjadi batu loncatannya untuk meningkatkan kemampuan diri.

"Sebelumnya saya sudah pernah ke Norwegia tapi tidak formal seperti sekarang. Karena sebelumnya diam-diam. Kalau dibilang tidak gugup, itu bohong. Tahun lalu seharusnya ke Paris tapi cancel," ucap Zahra.

"Akhirnya sekarang dapat kesempatan ke South Shields. Senang banget, karena sudah lama punya cita-cita jadi pemain yang berkarier di Eropa. Terima kasih Asiana. Saya tak mau sombong, tapi yakin 100 persen bisa maksimal saat trial nanti," tuturnya.

Pemain sepakbola wanita Zahra Muzdalifah siap berangkat ke klub Inggris South Shields. Di sana, pemain Timnas Putri Indonesia itu akan trial dan latihan.Zahra Muzdalifah akan trial dan latihan di klub Inggris South Shields Foto: Muhammad Robbani/detikcom

Sementara itu Ketua Asprov DKI Jakarta Uden Kusuma Wijaya, yang turut hadir dalam acara tersebut, menyebut pihaknya juga akan mensponsori usaha Zahra menggapai impiannya di luar negeri.

Sebagai perwakilan Jakarta, Zahra diharapkan bisa menjalani kegiatannya dengan maksimal di Inggris. Kalau sukses, tak terlepas kemungkinan ia akan mendapat kontrak secara resmi.

"Telah ditunjuk pemain buat bangsa kita untuk bermain di luar negeri. Asiana klub Jakarta yang punya talent scouting terbaik memantau anak-anak terbaik dalam negeri. Ini buah kerja keras tim Asiana," tutur Uden.

"Kita tahu Zahra adalah ikon sepakbola kita. Mudah-mudahan menjadi figur yang diikuti. Jujur sepakbola wanita kita belum terlalu maju. Semoga zahra tak kembali, tapi menjadi tim inti di sana," ucapnya.

(krs/nds)

ADVERTISEMENT