ADVERTISEMENT

Piala AFF U-19: Animo Membludak, Iwan Bule Tenangkan Suporter di Stadion

Muhammad Robbani - Sepakbola
Sabtu, 02 Jul 2022 21:56 WIB
Mochamad Iriawan (berbaju merah) mencoba menenangkan suporter yang ingin masuk ke Stadion Patriot Chandrabhaga, Sabtu (2/7/2022).
Iwan Bule (baju merah, terhalang suporter) berusaha menenangkan massa yang ingin masuk stadion. Foto: Muhammad Robbani/detikSport
Bekasi -

Gelaran Piala AFF U-19 2022 menghadirkan antusiasme besar suporter. Terjadi ribut-ribut di luar Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi, sampai ditenangkan langsung oleh ketum PSSI Mochamad Iriawan.

Timnas Indonesia U-19 bertanding melawan Vietnam, Sabtu (2/7/2022) pada pukul 20.30 WIB. 75 persen tiket dari kapasitas stadion yang dilepas ludes terjual, sampai dikabarkan PSSI membuka tiket tambahan.

Lautan massa sudah terlihat di area sekitaran stadion beberapa jam sebelum kick off, menghiasi jalanan di sekitar stadion. Ultras Garuda bahkan melakukan konvoi ke pintu masuk stadion sebelah barat, berniat menyambut bus Timnas U-19.

Kemudian di pintu masuk itu mereka ditahan petugas yang menjaga gerbang karena tiket para suporter tidak sesuai dan diarahkan masuk ke pintu lain. Tapi suporter keberatan harus berjalan ke pintu lain, dengan alasan efisiensi waktu.

Kecewa dengan hal itu, terjadi sedikit ribut-ribut antara ratusan suporter dengan penjaga pintu masuk stadion. Kebetulan di saat yang sama datang mobil yang ditumpangi Iwan Bule.

Melihat suporter mendorong-dorong pagar, Iwan Bule pun turun dari mobilnya dan menenangkan massa. Pada akhirnya pintu dibuka dan suporter diizinkan masuk ke dalam stadion.

Sial bagi Iwan Bule, ia malah mendapat cacian bukannya pujian. "Iwan Bule is full of s**t," begitu nyanyian suporter yang dialamatkan ke Ketua Umum PSSI.

Belakangan, nama Iwan Bule memang tengah tak disukai di kalangan suporter. Kekecewaan makin memuncak setelah muncul artikel di laman resmi PSSI yang melebih-lebihkan peran Iwan Bule dalam kemenangan Timnas Indonesia 1-0 atas Kuwait pada Kualifikasi Piala Asia 2022.

Sebelumnya Iwan Bule juga pernah mendapat sambutan tak menyenangkan akibat klaim tersebut. Suporter Persis Solo menyoraki Iwan Bule saat memberikan kata sambutan di laga pembuka Piala Presiden 2022, pada 11 Juni.

"Iya, tadi kan diarahkan ke arah timur, cuma meraka mau masuk lewat sini (barat). Mungkin nanti bisa diantisipasi," kata Iwan Bule soal kericuhan suporter di pintu barat stadion.

"Memang itulah kebanggaan timnas kalau main seperti ini, memang bangga saya lah, kalau main semua tidak ada perbedaan suku, golongan, tidak ada. Mudah-mudahan mereka yang bermain bisa memberikan yang terbaik karena dicintai sekali oleh suporter timnas ya," ucapnya soal antusiasme besar suporter timnas.

(adp/raw)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT