ADVERTISEMENT

Persib Bandung Protes ke LIB soal Jam Main Tak Logis di Liga 1 2022/23

Bima Bagaskara - Sepakbola
Jumat, 08 Jul 2022 00:00 WIB
Persib Bandung Vs PSS Sleman di Babak 8 Besar Piala Presiden 2022
Persib Bandung protes ke PT Liga Indonesia Baru soal jadwal Liga 1 2022/2023 (Foto: @PERSIB)
Bandung -

Persib Bandung mengajukan protes ke PT Liga Indonesia Baru (LIB) soal draft jadwal kompetisi Liga 1 2022/23. Persib keberatan dengan banyaknya jam main malam hari.

Tercatat dari pekan 1 hingga 20, Persib Bandung bermain malam sebanyak 17 kali dan hanya tiga kali bermain sore. Jumlah itu, menurut Persib, lebih banyak dari klub rival seperti Persija Jakarta dan Persebaya Surabaya.

"Kita sudah mengirimkan surat keberatan tadi pagi ke pihak LIB terkait jadwal Persib di Liga 1," kata Direktur PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) Teddy Tjahjono kepada wartawan, Rabu (6/7/2022).

"Karena Persib main di atas pukul 20.00 WIB sebanyak 17 kali, Persija 15 kali, dan Persebaya 11 kali," ungkapnya.

Menurut Teddy, banyaknya jam main yang terlalu malam bisa berdampak negatif terhadap kondisi kesehatan para pemain. Ia pun berharap surat keberatan itu bisa dijadikan bahan pertimbangan untuk mengevaluasi jadwal pertandingan Liga 1 yang bakal bergulir pada 23 Juli mendatang.

"Dengan pertimbangan faktor kesehatan buat pemain dan asas fairness bagi Persib. Pada saat main terlalu malam, kondisi ini tidak ideal untuk kesehatan pemain dan akan mempengaruhi recovery time dari pemain kami," ujarnya.

"Jadi kami mengajukan keberatan atas draft jadwal tersebut dan kami sangat mengharapkan bisa dibuat jadwal yang lebih fair bagi Persib dan tim lainnya," tandasnya.

Sebelumnya, pelatih Persib Robert Albert juga mengeluhkan jam main yang dianggap terlalu malam. Robert mengungkapkan seharusnya semua tim Liga 1 memiliki jadwal bermain yang sama, baik itu di sore atau malam.

Robert menjelaskan dengan bermain terlalu malam secara terus-menerus akan berdampak negatif pada kondisi fisik pemain.

"Jika tim bermain di kompetisi, waku kick off harus dibagi rata setiap timnya. Harus ada asas fair play bagi setiap tim. Apa yang terjadi jika di setiap laga bermain (pukul) 08.30 atau bahkan 08.45," ucap Robert di Stadion Persib.

"Kami harus kembali larut malam ke hotel dan keesokan harinya melakukan perjalanan, tentu pemain akan merasa kelelahan. Proses recovery-nya akan menderita," ujarnya.

Artikel ini pertama kali tayang di kanal detikJabar.

(nds/nds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT