ADVERTISEMENT

Indonesia Tersingkir dari AFF U-19 2022, Begini Evaluasi Shin Tae-yong

Bayu Baskoro - Sepakbola
Senin, 11 Jul 2022 16:00 WIB
Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong menjawab pertanyaan detikSport dalam wawancara eksklusif.
Pelatih Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong. (Foto: Andhika Prasetia/detikcom)
Bekasi -

Timnas Indonesia U-19 tersingkir dari Piala AFF U-19 2022. Shin Tae-yong memberi evaluasi kepada performa Garuda Nusantara. Apa kata STY?

Indonesia pesta gol ke gawang Myanmar dalam matchday terakhir Grup A Piala AFF U-19 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Minggu (10/7/2022) malam WIB. Muhammad Ferrari dkk menang telak 5-1.

Kemenangan besar itu menjadi sia-sia ketika di waktu bersamaan, Vietnam bermain imbang 1-1 dengan Thailand di Stadion Madya, Jakarta. Hasil seri itu memastikan The Golden Star dan War Elephant lolos ke semifinal.

Ya, Indonesia tersingkir lantaran finis di posisi ketiga Grup A dengan 11 poin. Perolehan poin Garuda Nusantara sama dengan Vietnam dan Thailand, tapi kalah head-to-head dengan kedua tim tersebut.

Timnas Indonesia U-19 gugur dengan catatan tidak terkalahkan di fase grup dan menjadi tim paling produktif mencetak gol. Hokky Caraka dkk 17 kali membobol gawang lawan dari lima pertemuan dan cuma kebobolan 2 gol.

Pelatih Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong, menyesalkan kegagalan timnya melaju ke semifinal. Kendati demikian, dia menilai anak asuhnya mengalami peningkatan performa sepanjang Piala AFF U-19 2022.

"Memang sangat disayangkan karena kami tidak bisa lolos ke semifinal. Namun, saya tahu pastinya para fans dan wartawan merasakan sepakbola Indonesia semakin baik dan meningkat secara mental dan fisik, jadi saya melijhat juga masa depan sepakbola Indonesia cerah," kata Shin Tae-yong usai duel Indonesia vs Myanmar.

Shin Tae-yong menegaskan, Piala AFF U-19 2022 bukan akhir dari perjalanan Timnas U-19. Garuda Nusantara akan menjadi tuan rumah Kualifikasi Piala Asia U-20 pada September mendatang, serta Piala Dunia U-20 tahun depan.

"Saya akan berusaha semaksimal mungkin agar bisa lolos kualifikasi AFC nanti September, dan mempersiapkan maksimal juga untuk Piala Dunia U-20. Ke depannya saya juga akan menjadikan laga-laga yang luar biasa dan keren di Piala Dunia," demikian kata Shin Tae-yong.

(bay/krs)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT