Frengky Missa, Wonderkid Persija Calon Skuad Timnas U-20 di Piala Dunia

ADVERTISEMENT

Frengky Missa, Wonderkid Persija Calon Skuad Timnas U-20 di Piala Dunia

Muhammad Robbani - Sepakbola
Selasa, 02 Agu 2022 12:30 WIB
Frengky Missa wonderkid asal Persija Jakarta.
Frengky Missa wonderkid asal Persija Jakarta. (Foto: dok.Persija Jakarta)
Jakarta -

Frengky Missa menjelma menjadi wonderkid Persija Jakarta di dua laga awal Liga 1 2022. Bukan tak mungkin ia masuk Timnas Indonesia U-20 untuk Piala Dunia U-20 2023.

Ia baru debut di Persija pada 18 Juni 2022 di ajang Piala Presiden 2022. Pemain berusia 18 tahun selalu tampil dalam empat kesempatan yang dimainkan Persija dalam ajang pramusim itu.

Setelah Liga 1 bergulir, nama Frengky Missa tetap dipertahankan di skuad utama Persija. Malahan Pelatih Thomas Doll selalu menurunkan pemain yang mencuat di PON 2020 dalam Starting XI.

Thomas Doll tanpa ragu memberikan kesempatan tampil buat Frengky Missa main 90 menit lawan Bali United di pekan pertama Liga 1 pada 23 Juli. Meski berstatus debutan, permainannya bagai pemain yang sudah bertahun-tahun di level senior.

Keterampilannya dalam mengolah bola, dribbling sambil berlari kencang, dan berani mempertunjukkan kemampuannya adalah buktinya. Di laga kedua, ia benar-benar bersinar dengan mencetak gol cantik ke gawang Persis Solo.

Golnya itu membantu Persija menang dengan skor 2-0, Minggu (31/7). Jika konsisten, panggilan Timnas U-19 asuhan Shin Tae-yong rasa-rasanya hanya tinggal menunggu waktu saja.

Meski begitu, Thomas Doll mengingatkan bahwa hal itu masih terlalu dini buat Frengky Missa. Pemain mudanya itu masih harus membuktikan diri selama diberikan kesempatan.

"Ini masih Juli 2022, terlalu cepat untuk menilai hal itu. Kita tidak tahu apa yang akan terjadi ke depannya. Tapi, saya berharap Frengky berada di kondisi yang baik saat Piala Dunia U-20 sudah dekat," kata Thomas Doll.

"Menurut saya Frengky sudah berada di jalur yang tepat untuk berkembang. Dia pemain yang bertalenta dan saat ini dia bermain di posisi yang baru untuknya," ujarnya menambahkan.

Musim ini merupakan tahun pertama Frengky bermain untuk tim senior Persija. Sebelumnya Frengky sempat bermain untuk Bali United U-18 di Elite Pro Academy (EPA) pada 2020. Ia kemudian sempat bermain untuk Persija U-18 di EPA 2021.

"Selain Frengky banyak pemain muda di tim ini yang ingin berkembang. Saya rasa semua mempunyai kesempatan untuk bermain di Piala Dunia jika mereka punya keinginan untuk berkembang," ucap Thomas Doll.

Lihat juga video 'Rans Nusantara Bantai Persija 5-1 di Piala Presiden':

[Gambas:Video 20detik]



(cas/aff)

ADVERTISEMENT