ADVERTISEMENT

Piala AFF U-16 2022: Comeback, Indonesia Bungkam Vietnam 2-1

Yanu Arifin - Sepakbola
Sabtu, 06 Agu 2022 21:55 WIB
Pesepak bola Timnas Indonesia U-16 I Komang Ananta(kanan) melakukan selebrasi usai mencek gol ke gawang Timnas Singapura U-16 pada pertandingan AFF U-16 2022 di Stadion Maguwoharjo, Depok, Sleman, D.I Yogyakarta, Rabu (3/8/2022). Timnas Indonesia U-16 berhasil membungkam Timnas Singapura U-16 dengan skor akhir 9-0. ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho/foc.
Foto: ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho
Sleman -

Timnas Indonesia U-16 membuat comeback atas Vietnam di laga terakhir Grup A Piala AFF U-16 2022. Sempat tertinggal, Garuda Asia bisa menang 2-1.

Bertanding di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Yogyakarta, Sabtu (6/8/2022), Indonesia sempat ketinggalan oleh Vietnam. Gawang Indonesia sempat dibobol lewat penalti oleh Nguyen Cong Phuong. Babak pertama, Indoensia ketinggalan 0-1.

Di babak kedua, Indonesia bisa membalas. Gol dari Arkhan Kaka Putra Purwanto dan Nabil Asyura memastikan tuan rumah comeback dan berbalik menang 2-1.

Kemenangan membuat Indonesia keluar menjadi juara Grup A Piala AFF U-16 2022 dengan 9 poin, hasil tak terkalahkan di tiga laga. Vietnam harus puas menjadi runner up dengan 6 poin.

Indonesia kemudian memastikan lolos ke semifinal, dan tinggal menunggu pemenang Grup C. Negara yang menjadi calon lawan Indonesia adalah Malaysia dan Myanmar.

Jalannya Pertandingan

Indonesia beberapa kali mengancam lini pertahanan Vietnam. Namun, barisan belakang tim lawan bisa mementahkan peluang tuan rumah.

Pada menit ke-18, Narendra Tegar melepaskan tembaka ke gawang Vietnam. Bolanya bisa diredam Pham Dinh Hai.

Saking sulitnya menembus lini belakang Vietnam, pemain Indonesia mulai berusaha melepaskan tembakan dari luar kotak penalti. Di menit ke-31, Hanif mencoba tendangan spekulasi, namun masih melenceng.

Gol! Vietnam mendapat penalti pada menit ke-40. Le Dinh Long Vu dilanggar Rizdjar Nurviat dari belakang di kotak terlarang. Kapten Nguyen Cong Phuong bisa mengeksekusi penalti mejadi gol, dengan mengecoh kiper Andika Fathir. Vietnam memimpin 1-0.

Di sisa waktu babak pertama, tekanan coba dilancarkan anak asuh Bima Sakti. Namun, tak ada gol balasan tercipta, dan akhirnya Timnas Indonesia U-16 harus tertinggal 0-1 dari Vietnam saat jeda.

Di babak kedua, Indonesia melakukan satu pergantian, yakni mengganti Mokh Hanif dengan Sultan Akbar. Hasilnya, permainan Indonesia jadi lebih hidup.

Pada menit ke-52, gol penyama kedudukan akhirnya lahir. Berawal dari tusukan Narendra Tegar di sisi kiri, umpan bisa dilepaskan, dan diteruskan dengan tandukan Arkhan Kaka Putra Purwanto. Gol, Indonesia vs Vietnam kini 1-1.

Tak lama berselang, Indonesia bisa membalikkan keadaan. Pada menit ke-55, giliran Nabil Asyura bisa menuntaskan umpan terobosan dengan sepakan, yang gagal dibendung Pham Dinh Hai. Skor menjadi 2-1.

Usai unggul, Indonesia masih terus menekan Vietnam. Pada menit ke-61, percobaa dilakukan Arkhan, namun upayanya masih membentur.

Sementara Vietnam juga berusaha melancarkan tekanan. Namun, disiplinnya barisan belakang Indonesia membuat serangan Vietnam bisa dimentahkan.

Hingga laga bubar, tak ada gol tambahan tercipta. Timnas Indonesia U-16 bisa mempertahankan kemenangan 2-1 atas Vietnam di laga terakhir Grup A Piala AFF U-16 2022.

Susunan Pemain

Timnas Indonesia U-16: Andika Fathir, Rizdjar Nurviat, Sulthan Zaky, Habil Abdillah, M Iqbal, Mokh Hanif, M Kafiatur, Narendra Tegar, Riski Afrisal, Arkhan Kaka Putra, M Nabil Asyura

Timnas Vietnam U-16: Pham Dinh Hai, Khuc Trung Hieu, Nguyen Huu Trong, Nguyen Luong Tuan, Nguyen Cong Phuong, Nguyen Trong Tuan, Le Dinh Long Vu, Le Van Thuan, Huynh Van Danh, Bui Hoang Son, Phan Thanh Duc Thien

(yna/mrp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT