ADVERTISEMENT

Hasil Liga 1 2022/2023: Borneo Benamkan Persib 4-1

Muhammad Robbani - Sepakbola
Minggu, 07 Agu 2022 18:15 WIB
Persib Bandung vs Madura United.
Persib Bandung dipermalukan Borneo FC 1-4 di Liga 1.(Foto: Wisma Putra/detikJabar)
Jakarta -

Borneo FC Samarinda mempermalukan Persib Bandung dengan skor telak 4-1. Hasil ini bikin Maung Bandung terbenam di peringkat ke-17 klasemen sementara Liga 1 2022.

Bertanding di Stadion Segiri, Samarinda, Minggu (7/8/2022), Persib sebenarnya memulai laga dengan baik. Tapi laga pekan ke-3 Liga 1 ini menjadi mimpi buruk buat Persib.

Persib mencetak gol cepat saat laga baru berjalan 8 menit. David da Silva berhasil mengonversi umpan dari lemparan ke dalam dengan sundulan untuk membawa Persib unggul 1-0.

Keunggulan Persib tak bertahan lama karena pemain Borneo Fajar Fathurrahman berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 pada menit ke-16. Pemain muda itu melakukan cutting inside dan melepaskan tendangan terarah setelah menerima bola dari Stefano Lilipaly.

Enam menit berselang Borneo berbalik unggul 2-1 lewat gol yang tercipta lewat proses serangan balik. Terens Puhiri berhasil menyambar bola liar setelah tendangan Matheus Pato ditepis kiper Persib Teja Paku Alam.

Persib tidak tinggal diam dengan kondisi itu, mereka beberapa kali berupaya mencetak gol penyeimbang. Salah satunya lewat tendangan bebas Ezra Walian pada menit ke-37, tapi masih menyamping.

Borneo juga punya peluang berbahaya untuk memperlebar keunggulan mereka. Lilipaly lewat tendangan first time pada ujung babak pertama masih menyamping di sisi gawang Persib.

Pelatih Persib Robert Rene Alberts mencoba mengubah keadaan dengan melakukan dua pergantian pemain sekaligus di awal babak kedua. Febri Hariyadi menggantikan Erwin Ramdani dan Dedi Kusnandar menggantikan Robi Darwis.

Tapi pergantian itu belum memberikan dampak buat Persib. Justru Borneo yang terus melancarkan ancaman ke gawang tim tamu.

Lilipaly, Ahmad Nur Hardianto, dan Agung Prasetyo bergantian mengancam gawang Persib. Tapi upaya mereka masih belum membuahkan hasil.

Gol yang ditunggu-tunggu tuan rumah akhirnya tercipta. Kali ini giliran Lilipaly yang mencetak gol jarak jauh dengan memanfaatkan blunder Teja Paku Alam akibat meninggalkan gawangnya. 3-1 Borneo ungguli Persib.

Matheus Pato melengkapi pesta Borneo dengan mencetak gol indah. Mengontrol bola dengan dada umpan Jonathan Bustos, Pato melepeskan tendangan salto ke gawang Persib untuk membawa Borneo unggul 4-1.

Skor itu bertahan sampai akhir sehingga membuat Borneo untuk sementara naik ke peringkat ke-2 Liga 1 dengan 9 poin. Sementara Persib masih tertahan di peringkat ke-17, masih dengan 1 poin.

Susunan pemain:

Borneo FC: 99-Dwi Kuswanto; 56-Fajar Fathurrahman (Rifad Marasabessy 81'), 19-Javlon Guseynov, 4-Wildansyah (Agung Prasetyo 51'), 24-Diego Michiels; 12-Hendro Siswanto, 8-Kei Hirose, 14-Stefano Lilipaly; 28-Terens Puhiri (Muhammad Sihran 63'), 9-Ahmad Nur Hardianto (Jonathan Bustos 64'), 7-Matheus Pato

Pelatih: Milomir Seslija

Persib Bandung: 14-Teja Paku Alam; 5-Kakang Rudianto, 2-Nick Kuipers, 53-Rachmat Irianto, 66-Daisuke Sato; 10-Marc Klok, 6-Robi Darwis (Dedi Kusnandar 46'), 93-Erwin Ramdani (Febri Hariyadi 46'), 30-Ezra Walian (Ricky Kambuaya 60'), 21-Frets Butuan (Zalnando 73'); 19-David Da Silva,

Pelatih: Robert Rene Alberts

(cas/bay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT