#77PortraitAnakBangsa

Jadi Komisaris Persis Solo Saestu, Ini Sosok Mahendra Agakhan Thohir

Inkana Putri - Sepakbola
Selasa, 09 Agu 2022 19:29 WIB
Shot on OPPO Reno8 Pro 5G.
Shot on OPPO Reno8 Pro 5G. (Foto: OPPO)
Jakarta -

Nama Mahendra Agakhan Thohir mungkin sudah tak asing lagi terdengar, khususnya di bidang olahraga, serta bisnis dan investasi. Anak Menteri BUMN Erick Thohir ini memang memiliki banyak kiprah di bidang tersebut.

Mengikuti jejak sang ayah, pria yang akrab disapa Aga ini mulai meniti karier di dunia olahraga, khususnya bola dengan menjabat sebagai Presiden Komisaris PT Persis Solo Saestu (PSS) pada 2021. Tak hanya meneruskan jejak Erick, alasan Aga terjun ke dunia olahraga juga lantaran ingin membantu memajukan industri olahraga di Indonesia.

Keinginan Aga memilih tim Persis Solo pun juga didasari oleh keinginannya untuk membawa tim lokal menjadi juara nasional. Bukan hanya itu, ia juga memiliki kedekatan dengan Kota Bengawan, ditambah Solo merupakan kota pertama ayahnya merantau untuk sekolah.

Sementara di dunia bisnis dan investasi, sejak tahun 2019, Aga sudah mulai merambah dunia investasi di Indonesia. Usai lulus, Aga menjadi Intern Analis Data dan Analis Investasi di Net TV (Grup Indika), Skystar Capital, Northstar Group, dan Kinesys Group. Selain itu, pada 2021 hingga 2022 Aga juga bekerja sebagai Intern Analis Pengembangan Perusahaan dan Kemitraan Strategis di grup PT Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO).

Tak sampai di situ, kiprah Aga di dunia investasi terus melejit. Melalui Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS), anak sulung Erick Thohir ini terpilih menjadi Komisaris Utama PT Mahaka Media Tbk pada Juni 2022.

(fhs/ega)