ADVERTISEMENT

Viral Para Pemain Timnas U-16 Tatapi Foto Ortu Sebelum Tanding

Afif Farhan - Sepakbola
Kamis, 11 Agu 2022 14:00 WIB
Timnas Indonesia U-16 lolos ke babak final Piala AFF U-16 2022 usai mengalahkan Myanmar lewat adu penalti di Stadion Maguwoharjo, Sleman, DI Yogyakarta, Rabu (10/8/2022).
Timnas U-16 (Foto: Pius Erlangga/detikJateng)
Jakarta -

Timnas U-16 tembus ke babak final Piala AFF U-16 2022. Ramai di sosial media, para skuad Garuda Muda tatapi foto orang tua di ruang ganti, sebelum berlaga!

Timnas Indonesia U-16 berhasil sampai ke babak final Piala AFF U-16 untuk menghadapi Vietnam. Tiket partai puncak diraih setelah Garuda Muda mengalahkan Myanmar di babak semifinal pada Rabu (10/8) kemarin.

Timnas U-16 bermain imbang 1-1 di waktu normal. Lanjut ke babak penalti, mereka menang 5-4. Kiper Indonesia, Andrika Fathur, bisa menahan satu penendang Myanmar, Shine Wanna Aung. Garuda Asia bisa melaju ke Final Piala AFF U-16 2022.

Bima Sakti, pelatih Timnas U-16, mendapat sorotan karena kepemimpinannya melatih para skuad Garuda Muda. Bima Sakti tidak hanya mengurusi soal teknik dan fisik, namun membentuk pribadi para pemain!

Baru-baru ini beredar di sosial media, dan viral, sebuah video yang menampilkan para pemain Timnas U-16 berada di ruang ganti sebelum bertanding. Mereka menghadap ke tembok atau loker, dengan melihat foto orang tua masing-masing di depannya.

Mereka tampak begitu emosional ketika melihat orang tuanya. Mereka meratapi foto orang tuanya dalam-dalam, seolah meminta restu untuk berjuang di lapangan.

Dalam video dalam akun YouTube resmi PSSI sebelum Timnas Indonesia U-16 berlaga melawan Vietnam, Bima Sakti mengungkapkan cara tersebut merupakan salah satu upaya untuk menguatkan mental para pemain muda!

"Melihat mental dan emosi anak-anak ini yang masih labil, serta kadang suka mengingat orang tua mereka. Maka saya dan tim pelatih serta ofisial sepakat untuk menaruh foto-foto orang tua para pemain di ruang ganti pemain," ujarnya

"Agar mereka bisa terus mengingat kedua orang yang telah melahirkan dan membesarkan mereka selama ini, serta berdoa untuk kedua orang tuanya," jelas Bima seperti dikutip dari situs resmi PSSI.

Pelatih Timnas U-16 Bima Sakti di Lapangan UNY, Selasa (2/8/2022).Pelatih Timnas U-16 Bima Sakti (Foto: Jauh Hari Wawan S/detikJateng)

Bima Sakti pun turut membentuk mental para pemain Timnas U-16. Dari soal aturan ibadah bersama dan tepat waktu, sampai kedisiplinan menghargai waktu.

(aff/krs)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT