ADVERTISEMENT

Drama Persib Vs PSIS: Penalti Diulang dan Gol Lemparan Tangan Alfreanda

Yanu Arifin - Sepakbola
Sabtu, 13 Agu 2022 19:30 WIB
Pesepak bola Persib Bandung Achmad Jufriyanto (kanan) berebut bola dengan pesepak bola PSIS Semarang Alfeandra Dewangga (kedua kanan) saat pertandingan BRI Liga 1 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Bandung, Jawa Barat, Sabtu (13/8/2022). ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/aww.
Foto: RAISAN AL FARISI/ANTARA FOTO
Bandung -

Laga Persib Bandung vs PSIS Semarang berjalan penuh drama. Ada momen penalti yang mesti diulang, hingga gol lemparan tangan Alfreanda Dewangga.

Lanjutan BRI Liga 1 2022 mempertemukan Persib vs PSIS di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Sabtu (13/8/2022). Drama terjadi di tiap babak pertandingan.

Gol pertama Persib disorot, karena prosesnya. Penalti David Da Silva mesti diulang. Penalti diberikan usai Jonathan Cantillana dianggap handball pada menit ke-25. Da Silva kemudian maju menjadi eksekutor.

Pada penalti pertama, Da Silva membuat tipuan langkah, yang kemudian membuat kiper Wahyu Tri dianggap keluar dari garis. Saat itu, bola sepakan Da Silva bisa ditepis.

Pada kesempatan kedua, momen yang hampir sama terjadi. Terlihat kiper Wahyu Tri sedikit keluar garis saat Da Silva membuat gerak tipu serupa, namun kali ini bolanya masuk ke gawang PSIS. Gol kemudian disahkan wasit Totok Fitrianto. Persib memimpin 1-0.

PSIS kemudian menyamakan skor lewat gol Taisei Marukawa tak lama berselang. Sepakan kaki kiri pemain asal Jepang itu merobek gawang I Made Wirawan.

Di babak kedua, Persib Bandung sempat kembali memimpin. David da Silva bisa menjebol gawang PSIS Semarang lagi, usai bisa menerima umpan apik Ricky Kambuaya, dan diteruskan dengan melewati kiper wahyu Tri, sebelum menceploskan bola ke gawang.

Kemudian, drama terjadi lagi di penghujung babak kedua. PSIS sempat bikin gol penyama kedudukan, lewat lemparan ke dalam yang dilakukan Alfreanda Dewangga.

Bek sayap Mahesa Jenar itu bisa melempar bola sampai ke kotak penalti, dan terlihat langsung masuk ke gawang Persib. Wasit sempat mengesahkannya menjadi gol.

Pemain Persib protes lantaran menganggap bola lemparan ke dalam tak bisa langsung masuk menjadi gol. Menurut Pasal 15 dalam hukum International Football Association Board [IFAB], bola lemparan ke dalam memang tak bisa disahkan menjadi gol.

Para pemain Persib masih protes dan mengepung wasit Totok Fitrianto. Kemudian, setelah berkonsultasi, gol tersebut dibatalkan. Alhasil, Persib tetap menang 2-1 atas PSIS hingga laga bubar.

Hasil ini membuat Persib Bandung mengemas kemenangan pertamanya di BRI Liga 1 2022, dan mengoleksi 4 poin dari 4 laga, dengan berada di peringkat 11. Sementara PSIS Semarang menelan kekalahan keduanya, dan tetap mengumpulkan 4 poin, berada di posisi ke-9 pada klasemen Liga 1 2022.

(yna/mrp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT